Mahasiswa UP Raih Penghargaan di Ajang IESO

20100

Jakarta, Indopetronews.com – Prestasi di bidang ko-kurikuler kembali diukir oleh salah satu mahasiswa baru Universitas Pertamina di ajang Olimpiade Kebumian Internasional ke-13. Ivan Muhammad Mahendra, Mahasiswa Program Studi Teknik Geologi 2019, berhasil meraih medali perunggu di ajang bergengsi tersebut yang dilaksanakan pada 2 September 2019 di Daegu, Korea Selatan.

The 13th International Earth Science Olympiad (IESO) merupakan kompetisi untuk para siswa pra-perguruan tinggi (sekolah menengah atas) di bidang ilmu kebumian yang meliputi pengetahuan mengenai geosfer (geologi dan geofisika), hidrosfer (hidrologi dan oseanografi), atmosfer (meteorologi dan klimatologi) dan astronomi. Kompetisi ini dipayungi oleh International Geoscience Education Organization (IGEO), yakni organisasi internasional yang beranggotakan para pendidik/organisasi/institusi pendidikan ilmu kebumian di seluruh dunia baik untuk tingkat pra-perguruan tinggi maupun perguruan tinggi. Selain untuk mempromosikan pendidikan geoscience kepada seluruh pelajar di dunia, tujuan dari olimpiade ini adalah untuk mendorong dan mengembangkan kesadaran publik terutama pelajar akan pentingnya menjaga bumi dan seluruh isinya.
Menurut Ivan, selain uji kemampuan berupa tes tertulis dan praktek di lapangan, terdapat juga kegiatan yang menjadi ciri khas dari IESO yakni International Team Field Investigation (IFTI).

Dalam kegiatan ini, para peserta yang berasal dari berbagai negara dibagi menjadi beberapa kelompok untuk bekerjasama guna memecahkan masalah yang berkaitan dengan kebumian melalui pencarian data di lapangan, investigasi dan analisa pemecahan masalah. Selain itu, terdapat kegiatan bernama Earth Science Project (ESP), yakni kegiatan tim yang dilaksanakan dengan membuat poster berisi problem solving dari topik yang telah ditentukan untuk kemudian dipresentasikan kepada dewan juri. “Tim saya yang terdiri dari peserta asal Malaysia, India, Nepal, Sri Lanka, Pakistan, Jepang, Austria, Republik Ceko, dan Perancis, berada di peringkat ke-2 dari total 18 tim.” Ia menambahkan.
Rektor Universitas Pertamina, Prof. Akhmaloka, Ph.D. menyampaikan bahwa dalam rangka meningkatkan international exposure para mahasiswa, Universitas Pertamina akan terus memberikan support untuk segala kegiatan positif mahasiswa, seperti kejuaraan di berbagai level. “Semoga dengan diraihnya prestasi gemilang dari Ivan dapat menjadi penyemangat bagi mahasiswa lainnya untuk terus mengukir prestasi terutama di level internasional,” katanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*