Pemerintah Terapkan Satu Arah di Tol Brebes – Jakarta & Sebaliknya Jelang Idul Fitri

573700

Jakarta, Indopetronews.com – Untuk menghindari terjadi kemacetan dan kelangkaan Bahan Bakar Minyak (BBM) serta terulangnya tragedi Brebes Eksit 2016 yang memakan belasan korban jiwa, pemerintah memberlakukan satu arah di jalan tol dari arah Jakarta ke Brebes Jawa Tengah dan sebaliknya. Penyediaan stok BBM pun dipersiapkan.

Kementerian ESDM, dalam hal ini BPH Migas, melakukan persiapan dalam menghadapi libur Lebaran 2019. Khususnya dalam mengamankan penyediaan dan pendistribusian BBM, Gas, dan avtur.

Sumihar Panjaitan, Komite BPH Migas menyatakan akan ada pemberlakuan satu arah di jalan tol dari arah Jakarta ke Brebes Jawa Tengah pada tanggal 30 Mei – 2 Juni 2019. Disamping itu, ada pemberlakuan satu arah di jalan tol dari arah Brebes Jawa Tengah ke Jakarta pada tanggal 8,9 dan 10 Juni 2019.

Hal senada juga diutarakan Patuan Alfon S, Direktur BBM BPH Migas. Pemberlakuan tol satu arah maka Pertamina bisa mensuplay BBM ke masing-masing SPBU atau tangki-tangki Pertamina bisa masuk ke SPBU untuk mengisi BBM. Dengan demikian, tragedi Brebes Exit, diharapkan tidak terulang lagi.

Terkait penyediaan dan ketersediaan BBM, Agus Taufik, Manager PSO Fuel Retail PT Pertamina, memastikan ketersediaan BBM di Pulau Sumatra dan Jawa aman, baik dari segi jumlah lembaga penyalur ataupun jumlah stok BBM.

Dia pun memprediksi terjadi lonjakan permintaan BBM dan LPG saat menjelang Idul Fitri. “Ada peningkatan kebutuhan dalam menghadapi Idul Fitri, Untuk BBM diperkirakan terjadi peningkatan 15 persen, sedang LPG diperkirakan meningkat 8 persen, dan avtur terjadi penurunan 15 persen pada tahun lalu,” kata Agus dalam keterangan persnya, Selasa (14/5/2019) di Jakarta.

Ketahanan stock yang ada saat ini, lanjut Agus, untuk LPG ketahanannya selama 17 hari, Premiun 21 hari, Pertalite 21 hari, Pertamax 22 hari, Pertamax Turbo 58 hari, avtur 48 hari, minyak tanah 69 hari, solar atau bio solar 26 hari, Dexlate 27 hari dan Pertamina Dex 35 hari.

“Pelayanan BBM selama masa Idul Fitri telah tersedia di seluruh Indonesia sebanyak 6.594 SPBU. Sedangkan untuk Jawa dan Pulau Madura 3.400 SPBU. Untuk jalur Pantura 268 SPBU. Untuk jalur Tol Jawa sebanyak 112 SPBU. Untuk jalur Tol Sumatra 18 SPBU. Jalur Pantai Selatan 519 SPBU. Untuk kemasan 200 buah,” paparnya.

Pihaknya juga menyiapkan LPG untuk melayani sebanyak 638 SPBE, 3.094 agen LPG, 3.112 pangkalan LPG siaga. Untuk pelayanan BBM penerbangan dilayani melalui 68 DPPU yang ada di seluruh Indonesia. (Sofyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*