Kemenko Maritim Bantah Kerjasama Indonesia – Tiongkok sebagai Wujud Penguasaan Tiongkok Atas Indonesia

220900

Jakarta, Indopetronews.com – Setelah melalui proses yang panjang Indonesia berhasil menggolkan proyek kerjasama dengan Tiongkok. Terdapat 30 proyek dengan total nilai proyeknya sebesar 90 miliar USD.

Demikian diungkapkan oleh Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur Kemenko Maritim Ridwan Djamaluddin pada sejumlah media dalam acara Forum Wartawan 2019 Kemenko Bidang Kemaritiman, Senin (29/4/2019) di Jakarta.

“Dari 30 proyek yang sudah ditandatangani ada 6 proyek,” kata Ridwan.

Diantaranya adalah penandatanganan dokumen bilateral cooperation plan, penandatanganan MoU antara Bappenas dan CIDCA untuk hibah joint feasibility studies, penandatanganan MoU antara Pelindo I dan Ningbo Port, penandatanganan MoU antara ITB dan Tsinghua University, GMF – BRI business forum disiapkan bersama KBRI Beijing dan pembahasan dana DB untuk palm replenting program serta rencana kerjasama dengan Central South University tentang baterai mobil listrik.

Lebih jauh Ridwan menegaskan bahwa tujuan kerjasama ini untuk menarik minat investor dan untuk menyeimbangkan pembangunan antara Indonesia barat dan Indonesia timur.

“Ini bukan berarti Tiongkok ingin menguasai Indonesia. Tidak ada maksud dari pemerintah untuk menjual Tanah Air kita,” tegas Ridwan. Kerjasama ini tentu saling menguntungkan antara kedua pihak.

Dia juga mengutarakan bahwa proses kerjasama ini tidak menjadi hutang pemerintah bila proyek ini gagal terlaksana. “Ini hutang pihak swasta,” ungkapnya. Kerjasama global menjadi sesuatu yang tidak terelakkan.

Ridwan juga menandaskan bahwa dalam kerjasama ini ada proses alih teknologi, menggunakan teknologi ramah lingkungan, dan menggunakan tenaga kerja dalam negeri.

Pada prinsipnya, imbuh Ridwan, jalinan kerjasama ini dilandaskan pada asas kepercayaan dan pinter-pinteran. “Tiongkok dapat untung tapi kita pun ingin lebih untung. Karena itu tidak benar bila ada anggapan kita ingin menjual NKRI pada Tiongkok,” tegasnya. (Sofyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*