Perkuat Ketahanan Energi, MGRM Bangun Tangki Timbun & Terminal BBM di Kukar

41100

PT Mahakam Gerbang Raja Migas (MGRM) yang merupakan badan usaha milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) digadang-gadang menjadi sumber pendapatan bagi Kabupaten Kutai Kertanegara. Apalagi, setelah dilakukan Project Kick Off Tangki Timbun dan Terminal BBM Kecamatan Samboja yang akan dilaksanakan PT MGRM (Perseroda). 

Kick Off project tersebut, Jumat (15/3/2019) ditandai dengan penandatanganan kerjasama investasi oleh Direktur Utama (Dirut) PT MGRM, Dr Iwan Ratman dengan Direktur PT Shandong Asah Internasional Trading Co. Ltd Agustinus Himawan. Selain itu juga penandatanganan perjanjian Kontrak EPC dengan PT Dewata Makmur Bersama, Bramanda, dan penandatanganan perjanjian kontrak dengan konsultan Amdal Undip Prof Dr Ir Tutuk Joko Kusworo. Penandatanganan kerjasama tersebut disaksikan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Kutai Kertanegara, H Sunggono.

Direktur Utama PT MGRM  Dr Iwan Ratman menjelaskan, pengerjaan Proyek Tangki Timbun dan Terminal BBM di Kecamatan Samboja, Kutai Kertanegara, yang dikerjakan PT MGRM akan menjadi bagian untuk memperkuat ketahanan energi di Kalimantan Timur khususnya.

“Total investasi dari Proyek Tangki Timbun dan Terminal BBM tersebut senilai Rp. 600 M, saat ini, proses dan tahapan awal proyek sudah dan sedang berjalan dan diharapkan dalam waktu 15 bulan ke depan, proyek telah selesai dan dapat segera beroperasi,” kata Iwan dalam keterangan persnya, Selasa (26/3/2019) di Jakarta.

Iwan juga menjelaskan, PT MGRM Kukar yang diresmikan Oktober 2018, mempunyai visi dan misi mengelola partisipasi daerah penghasil atau participating interest (PI) 10 persen di Blok Mahakam juga blok teminasi di seperti WK Sanga-sanga, Eastkal, Attaka dan lainnya.

Visi dan misi PT MGRM bukan hanya mengelola 10 persen itu, tapi juga mempunyai visi yang berbeda dengan BUMD lain. PT MGRM mempunyai misi menjadi BUMD mesin pencetak uang bagi Kukar.

“Bagaimana mencetak uangnya, bagaimana membuat mesinnya, itu yang sekarang PT Mahakam Gerbang Raja Migas buat melalui program-program yang terencana dan terukur,” ujar Iwan.

Jadi, lanjut dia, visi dan misi bisa dilaksanakan, apa yang akan didapat dari PT MGRM nantinya memberikan kontribusi pendapatan asli daerah (PAD) ke Kabupaten Kukar. Salah satu upaya yang dilakukan, yaitu dengan Project Kick Off Tangki Timbun dan Terminal BBM Kecamatan Samboja, yang akan dilaksanakan PT MGRM Kukar. (Sofyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*