Kiprah BN Wahju Buktikan Investor Tambang Asing Berguna bagi Bangsa

46100

Investor asing dalam dunia pertambangan sejatinya dapat sangat berguna bagi pembangunan Indonesia. Syaratnya, semua yang dilakukan dan ditujukan untuk pembangunan berkelanjutan di Tanah Air. “Apa yang telah dilakukan (alm.) BN Wahju, tokoh pertambangan nasional, membuktikan bahwa modal dan investor asing dalam dunia tambang sangat berguna bagi pembangunan Indonesia,” kata Prof Emil Salim, teman seperjuangan BN Wahju saat acara Peluncuran dan Diskusi Buku BN Wahju dari Sorowako Jadi Tokoh Pertambangan Nasional, Senin (21/1/2019) di salah satu hotel berbintang, Jakarta.

Hadir dalam acara tersebut antara lain, Prof Kuntoro Mangkusubroto, Prof Emil Salim, Niko Kanter, Sofie Wahju (istri alm. BN Wahju), dan Ratih (penulis buku).

Emil mengutarakan bahwa investasi asing berguna bagi Indonesia. “BN Wahju tidak melupakan bangsanya. Ia peduli terhadap lingkungan. Kalau ia bertemu dengan saya bicara lingkungan,” ungkap Emil.

Sedangkan Kuntoro Mangkusubroto menyatakan bahwa BN Wahju adalah seniornya. “Beliau 13 tahun lebih senior dari saya. Beni buat saya adalah satu hadiah. Karena saya bukan orang tambang dan tidak tahu apa-apa soal tambang. Ketika saya dijungkirkan ke dunia tambang, tiba-tiba Wahju datang,” ujar Kuntoro. Bahkan, lanjutnya, beliau yang menenangkan saya. “Karena tambang selalu dianggap merusak lingkungan,” kenang Kuntoro.

Kesaksian lain juga diutarakan oleh
Nico Kanter, Presdir PT Vale Indonesia Tbk. Menurutnya, buku BN Wahju adalah buku biografi seorang geolog dan mengikuti sejarah pertambangan di Tanah Air. “Beliau mendapat tempat yang sangat khusus. Almarhum juga menerapkan good mining practis,” kata Nico. Selain itu, lanjutnya, beliau juga sangat peduli lingkungan di daerah sekitar tambang. Intinya, imbuh Nico, menyelaraskan alam dan tambang. Sebab pada hakekatnya keberlanjutan ekologis sangat penting.

Hal senada juga dinyatakan oleh Sekjen Api – Ima, Tony Wenas.
“Acara ini sebagai wujud apresiasi pada Beni atas kontribusinya pada dunia tambang. Ia memulai dari seorang geologis,” katanya. Beni, yang juga aktif di Ima, mempunyai idealisme.

“Beliau juga tokoh yang disegani di dalam dan di luar negeri,” tegas Tony. (Sofyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*