DD Pendidikan dan PTTEP Tingkatkan Kualitas SDM Lewat Etos Beasiswa

29000

Dompe Dhuafa (DD) Pendidikan bekerjasama dengan PTT Exploration and Production (PTTEP) Indonesia menyelenggarakan program beasiswa bagi mahasiswa tingkat Perguruan Tinggi. Program tersebut dinamakan Beasiswa Etos. Apa keunggulam program beasiswa ini dibandingkan beasiswa sejenis?

“Program ini tidak hanya memberi vision fee, living cost tapi juga pembinaan di asrama sehingga nanti out put nya tidak hanya kompeten secara akademis tapi juga memiliki kompetensi dari sisi spritual, emotional dan kompetensi lain yang dibutuhkan,” kata Muhammad Syafi’ie al Bantanie, Direktur DD Pendidikan pada sejumlah media, seusai acara Graduation Ceremony Beastudi Etos-PTTEP Batch 2014 yang dilaksanakan pada Minggu (18/11/2018 di Ballroom Harris Hotel Tebet, Jakarta Selatan. Pembinaan tersebut yang menjadi ciri khas dan keistimewaan Etosbeasiswa.

Secara keseluruhan terdapat 800 an penerima manfaat dari program beasiswa ini. DD menjalin kerjasama dengan perusahaan minyak dan gas bumi (migas) PTTEP. Kontribusi perusahaan migas asal Thailand hingga tahun ini sampai dua angkatan, yaitu tahun 2014 – 2015. “Angkatan 2014 ada 9 mahasiswa, dan angkatan 2015 ada 16 mahasiswa dari Fakultas Teknik dan Fakultas Kedokteran. Kita ingin beasiswa ini dapat diakses oleh sebanyak-banyaknya adik-adik lulusan SMA yang masuk Perguruan Tinggi,” ungkap Syafi’ie. Karena itu, pihak menginformasikan agar kalangan eksternal dan lembaga lain untuk turut serta bersinergi dengan program Etosbeasiswa DD.

Sementara itu, General Affairs Manager PTTEP Indonesia Afiat Djajanegara menyatakan bahwa bidang pendidikan merupakan salah satu program kegiatan CSR perusahaan migas PTTEP. “Pendidikan dasar, yaitu PAU dan perguruan tinggi menjadi fokus kita. Karena untuk pendidikan tingkat SD, SMP dan SMA telah ditangani pemerintah,” kata Afiat. Untuk pendidikan perguruan tinggi, DD menjadi pihak yang diajak bekerjasama.

Menurut Afiat, program pendidikan ini juga menjadi bagian dari tercapainya Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs), nomor 17.

Lebih jauh Afiat mengungkapkan, PTTEP selain memberikan beasiswa juga mendirikan dan membangun gedung 15 PAUD di Sulawesi Barat. Saat ditanyakan berapa jumlah nominal beasiswa pendidikan, Afiat agak sedikit keberatan. Tapi akhirnya dia menyatakan, untuk pendidikan tinggi sebesar 1 juta USD. Dan untuk PAUD di Sulawesi Barat sekitar 500 juta USD.

Sementara itu, Direktur Jenderal Sumber Daya Iptek dan Dikti, Ali Ghufran menyambut baik adanya sinergi antara DD dan PTTEP untuk program Etosbeasiswa. “Pemerintah sangat mendukung dan senang dengan program beasiswa Etos ini,” ujar Ali. Diharapkan program ini dapat pula meningkatkan kualitas sumber daya manusia di dalam negeri.

Program beasiswa Beastudi Etos-PTTEP dilaksanakan di 10 kampus terbaik di Indonesia, meliputi Universitas Indonesia (UI), Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Diponegoro, Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Airlangga, Universitas Hassanuddin, Universitas Syiah Kuala, Universitas Brawijaya, Universitas Andalas (Unand) dan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS). (Sofyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*