Pertamina Ditawari ESDM Kelola Proyek IDD

32100
Pertamina Ditawari ESDM Kelola Proyek IDD

JAKARTA (INDOPETRO)- Menjelang berakhir masa kontrak kelola ketiga blok Proyek Ultra Laut Dalam (Indonesia Deepwater Development/IDD) di Selat Makassar, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menawarkan kepada PT Pertamina (Persero) sebagai calon kontraktor baru.

Ketiga blok minyak dan gas bumi (migas) yang dimaksud adalah Makassar Strait, Rapak dan Ganal. Dimana kontrak Blok Makassar Strait akan berakhir 2020. Sementara Blok Rapak pada 2027 dan Blok Ganal pada 2028.

Tawaran disampaikan kepada Pelaksana tugas (Plt) Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati dan Direktur Hulu Syamsu Alam saat berkunjung ke Kementerian ESDM hari ini.

“Sesuai Permen (Peraturan Menteri)-nya, existing contractor diberi kesempatan utk mengajukan proposal. Karena, Pertamina bagian dari eksisting jadi kami undang,” kata Wakil Menteri ESDM, Arcandra Tahar di Jakarta, Senin (2/7).

Saat ini Pertamina melalui anak usahanya PT Pertamina Hulu Energi (PHE) memiliki hak kelola dalam proyek IDD melalui kepemilikian Participating Interest (PI) di Blok Makassar Strait sebesar 10%. Sisanya dimiliki Sinopec 18% dan Chevron 72%. Selain itu, Pertamina memiliki hak dan kewajiban di kontrak Blok Ganal. Ini karena 1,8% Lapangan Gendalo beririsan dengan Blok Makassar Strait. Sisanya berada di Blok Ganal.

Arcandra menjelaskan penawaran ini mengacu pada Permen ESDM Nomor 23 tahun 2018, dimana menteri menetapkan pengelolaan wilayah kerja minyak dan gas bumi yang akan berakhir kontrak kerja samanya dalam tiga bentuk; Pertama, perpanjangan kontrak kerja sama oleh kontrak. Kedua, pengelolaan oleh PT Pertamina (Persero). Ketiga, pengelolaan bersama antara kontraktor dan Pertamina.

Perihal besaran hak kelola yang akan diberikan Pertamina di kontrak baru masih belum disebutkan. Ini dikarenakan masih menunggu sikap dari perusahaan migas nasional tersebut. Jika Pertamina berminat, pemerintah akan memutuskan yang terbaik untuk negara. “Ini lagi dibahas, kalau mereka berminat,” kata Arcandra. (Gadih)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*