OPEC Himbau Anggotanya Genjot Produksi

52200
OPEC Himbau Anggotanya Genjot Produksi
Foto : seputarforex.com

WINA (INDOPETRO)- Sesuai dengan keinginan Arab Saudi dan Rusia OPEC Joint Technical Committee merekomendasikan kenaikan output sebesar 1 juta barel per hari (bph). Menteri Perminyakan Iran, Bijan Zanganeh, hingga walkout karena tidak setuju. Tajamnya perbedaan pendapat agaknya membuat rapat OPEC pada akhirnya tak merekomendasikan kenaikan output dalam jumlah tertentu, melainkan hanya meminta agar negara-negara anggotanya mengurangi pemangkasan produksi yang telah dilakukan saja.

Rekomendasi tersebut awalnya disambut baik oleh pasar, karena optimisme peningkatan output minyak global ke depan tak seburuk ekspektasi. Namun, setelah beberapa waktu berlalu, pasar berubah pikiran. Walaupun memang lebih kecil dibanding perkiraan, tetapi kenaikan pasokan global tetap akan terjadi.

Selain itu, himbauan peningkatan output oleh OPEC tidak disertai ketentuan bagi masing-masing negara. Artinya, setiap negara yang kapasitas produksinya memadai, dapat menggenjot output semaksimal mungkin.

Diketahui, pada pekan lalu OPEC menyelenggarakan pertemuan di Wina, Austria. Pertemuan tersebut menghasilkan komunike yang isinya menghimbau agar negara-negara peserta kesepakatan pemangkasan output minyak, meningkatkan produksinya. OPEC menilai pelaksanaan batasan kuota yang mencapai 152% pada bulan Mei perlu diturunkan hingga 100% saja. Meskipun pengumuman ini lebih baik dibandingkan ekspektasi pasar sebelumnya, tetapi harga minyak tetap terpukul.

Pada awal perdagangan sesi Asia, Senin (25/6/2018) harga minyak mentah Brent telah anjlok 2.40% ke USD73.96 per barel. Sementara itu, West Texas Intermediate (WTI) merosot lebih dari 1.30% ke USD68.34 per barel. (Sofyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*