Produksi Minyak AS Melonjak

9100
Produksi Minyak AS Melonjak

JAKARTA (INDOPETRO)- Produksi minyak mentah Amerika Serikat (AS) meningkat ke rekor baru, sementara aktivitas pengeboran naik lagi. Demikian dilaporkan ANZ, seperti dikutip Reuters, Rabu (6/6/2018).

Sementara menurut Energy Information Administration (EIA), produksi minyak AS dalam bulan Maret naik ke 10,47 juta barel per hari (bph). Baker Hughes juga melaporkan adanya pertambahan 2 rig dalam periode sepekan yang berakhir tanggal 1 Juni. Ini merupakan kenaikan ketujuh beruntun sehingga total oil drilling rigs di Amerika Serikat mencapai 861, tertinggi sejak Maret 2015.

Sejalan dengan meningkatnya produksi minyak AS, Hedge Funds dan manajer investasi lainnya memangkas pertaruhan mereka pada kontrak futures dan options WTI. Menurut laporan Commodity Futures Trading Commission (CFTC) para spekulator melepas 50,937 kontrak hingga menyisakan 370,980 kontrak dalam sepekan yang berakhir pada 29 Mei.

OPEC turut meningkatkan kekhawatiran pasar dengan mendiskusikan kemungkinan pelonggaran kuota. Arab Saudi dan Rusia dikabarkan berencana melakukan hal itu dengan tujuan untuk menutup kesenjangan yang timbul akibat anjloknya output Venezuela dan potensi dampak sanksi AS atas Iran. Menurut sebuah perkiraan yang dilansir Renaissance Capital, apabila kuota dilonggarkan, maka produsen minyak terbesar Rusia, Rosneft, bisa langsung menambah 70,000 bph dalam tempo dua hari saja. (Sofyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*