KMI Wire Support Mega Proyek 35.000 MW PLN

44100
KMI Wire Support Mega Proyek 35.000 MW PLN

JAKARTA (INDOPETRO)- PT KMI Wire and Cable Tbk (KLBI) kembali mendapat kontrak kabel listrik PT Perusahaan Listrik Negara (Persero), atau PLN. Kontrak senilai Rp350 miliar ini ditujukan untuk menopang mega proyek listrik 35.000 megawatt PLN.

“Kami dapat lelang satu tahun ini senilai Rp 350 miliar untuk area PLN Distribusi,” kata Direktur PT KMI Wire and Cable Tbk, Dede Suhendra, di Jakarta, Jumat (25/5/2018). Dede mengatakan untuk kebutuhan PLN, perusahaannya telah menyiapkan kabel aluminium ukuran 10 kilovolt (KV) hingga 20 KV.

Jika kurs rupiah stabil, lanjut Dede, perseroan berpeluang mendapat gross margin dari proyek PLN sekitar 15%-25%.

Selain itu KBLI juga menyasar segmen kabel transmisi ACCC dan Saluran Kabel Tanah (SKT) High Voltage (HV). “Di semester dua nanti kami pun optimis dapat meraih lelang lagi senilai Rp 400 miliar-Rp 500 miliar,” tutur Dede.

Adapun untuk proyek SKT HV, KLBI tengah menyelesaikan kontrak yang sudah diperoleh tahun sebelumnya, yaitu pemasangan kabel ukuran 150 KV dengan nilai kontrak hampir Rp700 miliar.

“Untuk HV tahun lalu sudah dapat dua proyek di Mampang dan Senayan, sementara tahun ini ada sekitar tiga lagi proyek baru transmisi HV,” sebut Dede. Lokasi proyek berada di Jakarta dan luar Jakarta, KLBI memperkirakan akhir tahun ini pemasangan bakal rampung.

Seiring permintaan dari proyek kabel listrik PLN, porsi penjualan kabel aluminium perseroan meningkat dibandingkan kabel tembaga. Jika tahun lalu penjualan aluminium hanya 40% dan 60% tembaga, tahun ini kabel aluminium menyumbang 60% dan sisanya tembaga.

Dengan kapasitas produksi kabel listrik tembaga 30.000 ton per tahun serta alumunium sekitar 45.000 ton per tahun, KLBI belum akan menambah lini produksi yang baru. Dede mengakui, belanja modal (capex) perusahaan tahun ini, sebesar Rp 133 miliar, hanya dipergunakan untuk peremajaan mesin produksi. (Gadih)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*