Ini Dia Penyebab Tambang Indonesia Dikuasai Investor Asing

68800

JAKARTA (INDOPETRO)- Pengusaha lokal di Tanah Air rupanya masih bisa dihitung dengan jari yang masuk dan berinvestasi di sektor pertambangan. Ada beberapa alasan yang menjadi penyebab keengganan mereka berinvestasi sehingga tidak heran bila pertambangan sumber daya alam negeri ini umumnya kalangan asing. Apa saja alasannya?

Menurut Rachman Wiriosudarmo, pengamat pertambangan dari Natural Resources Center (NRC) terdapat beberapa faktor.

“Pengusaha nasion kita tidak mau terjun sejak masa eksplorasi,” kata Rachman, pada sejumlah media, Jumat (18/5/2018) di Jakarta. Ada juga karena masih membutuhkan faktor sejarah pengalaman panjang dan mahal.

Hal lain yang menyebabkan pengusaha nasional enggan masuk ke dunia pertambangan, ungkap Rachman, karena masih banyak pilihan investasi lain. Misalnya masih ada bidang properti, manufacturing, perhotelan, konstruksi dan lain semacamnya.

“Ada pula pengusaha pertambangan yang berharap pada kebijakan divestasi,” lanjutnya. Disamping itu, pengusaha kita selama ini hanya mengandalkan modal KP (Kuasa Pertambangan).

Ciri lainnya, imbuh Rachman, pengusaha kita hanya mau terjun pada endapan yang mudah. Selanjutnya juga tetap membutuhkan dukungan investor asing.

“Kalau begini terus, kapan mau jadi tuan rumah di negara sendiri,” tandas Rachman. Karena itu tidak heran bila selama ini investor asing mendominasi sektor pertambangan dalam negeri.

Walaupun demikian, Rachman berharap agar pemerintah tetap dapat mengembangkan visi pembangunan di daerah berbasis Sumber Daya alam. “Perkuat kemampuan pengendalian (SDM, lembaga, teknologi) dan perlakukan investor asing sebagai mitra pembangunan,” katanya. Di samping itu dapat men dorong eksplorasi (untuk mengungkap potensi mineral nasional). “Istilahnya dapat banyak “telur” lebih penting dari kepemilikan “ayam”nya,” cetus Rachman. (Sofyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*