Trump Cabut dari Kesepakatan Nuklir Iran

23000
Trump Cabut dari Kesepakatan Nuklir Iran
Foto: dailyexpress.com

WASHINGTON (INDOPETRO)- Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump hari ini atau Selasa malam (8/5/2018) waktu setempat mengumumkan negaranya mundur dari kesepakatan soal nuklir Iran dicapai bareng negara-negara Eropa.

“Saya umumkan hari ini Amerika Serikat akan menarik diri dari kesepakatan nuklir Iran dan dalam beberapa saat lagi saya bakal meneken memorandum presiden untuk menerapkan kembali sanksi bagi rezim di Iran,” kata Trump di Gedung Putih.

Kesepakatan mengenai penghentian program senjata nuklir negara Mullah itu ditandatangani pada pertengahan 2015 di Ibu Kota Wina, Austria. Perjanjian ini diikuti dengan pencabutan sanksi ekonomi terhadap Iran sejak Januari 2016.

Trump menyebut kesepakatan nuklir dengan Iran merusak. Dia menambahkan Amerika bakal menerapkan sanksi ekonomi terberat bagi negeri Persia itu.

Mundur dari kesepakatan nuklir Iran – dicapai dalam pemerintahan Presiden Barack Obama setelah upaya perundingan selama lima tahun – merupakan salah satu janji kampanye penting Trump.

Amerika, Israel, dan Arab Saudi sudah lama menuding Iran tengah mengembangkan senjata nuklir, namun tuduhan ini berkali-kali dibantah oleh Teheran. (Sofyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*