Tiga Tahapan Integrasi PGN – Pertamina

24400
FSPPB Tolak Akuisisi Pertagas Oleh PGN
Foto : jitunews.com

JAKARTA (INDOPETRO)- Proses integrasi PT PGN ke PT Pertamina (Persero) dilakukan secara bertahap. Apa saja tahapan-tahapannya?

Sebenarnya pada 13 April 2018 secara formal PGN telah masuk ke jajaran Pertamina. Walaupun demikian, untuk sementara integrasi belum menyeluruh dari sektor hulu hingga hilir. Saat ini baru antara PGN dan Pertagas.

“Kita lakukan secara bertahap dari mulai integrasi jaringan transmisi dan distribusi,” kata Nicke Widyawati, Pelaksana tugas (Plt.) Direktur Utama (Dirut) PT Pertamina (Persero) pada sejumlah media, Selasa (8/5/2018) di Jakarta. Hal ini dilakukan agar bisnisnya di lapangan lebih kompetitif.

Nicke mengutarakan, proses integrasi mencakup tiga hal, yaitu: Pertama, integrasi operasi. “Kita jadikan jaringan pipa transmisi dan distribusi menjadi satu. Selama ini keduanya terpisah,” ujar Nicke. Saat ini jaringan pipa transmisi dan distribusi dapat digunakan secara bersama-sama dan menguntungkan serta jangkauannya lebih luas.

Kedua, lanjut Nicke, integrasi dari aspek niaga. Penataan aspek niaga ini menjadi lebih sederhana dan efektif. Sedang integrasi ketiga, imbuh Nicke, menyangkut integrasi investasi.

Walaupun demikian, nantinya semua aset yang dimiliki PGN dan Pertamina tetap dipegang masing-masing perusahaan.

Namun mengenai manajemen aset sedang diatur pengalihannya. “Misalnya, distribusi di Pertagas atau kebalikannya, transmisinya di PGN,” kata Nicke.

Integrasi aset antara PGN dan Pertagas ini juga dilakukan bertahap. Pertimbangannya adalah kontrak yang sedang berjalan dan alokasi gas yang sudah diberikan. Jadi, Pertamina tidak mau ada gangguan dalam berbisnis.

Dengan integrasi aset ini bisa membuat lebih efisien. “Kalau lihat Sumatera dan Jawa, ini banyak yang masih belum match. Kalau diintegrasikan jadi satu, pipa transmisi yang cukup bebas, ini bisa menjadi peluang,” kata Nicke.

Sementara Wakil Ketua Komisi VI DPR-RI Dito Ganinduto mendukung langkah holding di sektor migas asalkan Pertamina tidak terbebani utang PGN. “Makanya mereka melakukan due diligence kan,” katanya. (Sofyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*