Arab Saudi Siap Pasok Minyak ke Sudan

16000
Arab Saudi Siap Pasok Minyak ke Sudan
Minyak Arab Saudi

KHARTUM (INDOPETRO)- Pemerintah Arab Saudi dikabarkan akan memasok minyak jutaan liter untuk mengatasi kelangkaan di Sudan.

Diketahui, negara Afrika tersebut saat ini tengah dikungkung kelangkaan minyak selama berminggu-minggu sehingga membuat harga emas hitam di pasar gelap melonjak tajam. Hal itu diungkapkan oleh Menteri Perminyakan Sudan Abdurrahman Usman.

Kondisi ini memaksa penduduk di Ibu Kota Khartum terpaksa antre berjam-jam di stasiun pengisian bahan bakar.

Untuk mengatasi krisis, dipimpin oleh Abdurrahman melawat ke Ibu Kota Riyadh, Arab Saudi pekan lalu. Serelah berunding dengan pejabat negara Arab Saudi itu, pemerintah Saudi menyatakan siap memasok minyak untuk Sudan selama lima tahun ke depan.

“Sudan akan menerima 1,8 juta liter minyak untuk tahun pertama,” kata Abdurrahman kepada wartawan di istana kepresidenan di Khartum, seperti dikutip Reuters, Rabu (9/5/2018). Setelah itu, jumlah pasokan naik tujuh persen setiap tahun.

Dia menambahkan pembiayaan dari pembelian minyak ini akan difasilitasi oleh SDB (Bank Pembangunan Saudi). Namun dia tidak menyebutkan detailnya atau kapan pengiriman pertama dilakukan.

Kelangkaan mulai terasa sejak awal bulan lalu ketika pasokan minyak ke stasiun-stasiun pengisian bahan bakar menyusut. Para pejabat menuding penundaaan pemeliharaan kilang-kilang sebagai penyebab, meski merosotnya cadangan devisa juga berperan. (Sofyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*