Trump Ancam Tarik Diri dari Kesepakatan Nuklir Iran

25000
Trump Cabut dari Kesepakatan Nuklir Iran
Foto: dailyexpress.com

JAKARTA (INDOPETRO)- Iran dikabarkan telah merebut kembali posisinya sebagai salah satu eksportir minyak terbesar dunia, setelah sanksi ekonomi atasnya dicabut mulai 2016 berdasarkan perjanjian yang ditandatangani pada tahun sebelumnya.

Seperti diketahui, perjanjian pada 2015 antara Iran dengan Amerika Serikat (AS), China, Prancis, Jerman, dan Rusia yang merangkum kesediaan Iran untuk menghentikan pengembangan senjata nuklir dan mengijinkan inspeksi dari lembaga internasional atas fasilitas nukir yang dimilikinya, sedangkan AS dan negara-negara lainnya sepakat mencabut sanksi ekonomi.

Dari pihak AS, Presiden harus melakukan verifikasi pada parlemen bahwa Iran telah melaksanakan semua persyaratan dalam kesepakatan tersebut secara periodik. Apabila Teheran dianggap menyimpang, maka AS bisa menarik diri dari perjanjian dan menerapkan sanksi ekonomi atas Iran kembali.

Sejauh ini, negara-negara lain yang terlibat dalam perjanjian cukup puas dengan sikap Iran. Namun, Presiden AS telah menyatakan ketidakpuasannya pada perjanjian yang ditandatangani pendahulunya, Presiden Barack Obama.

Pekan ini, semua mata akan tertuju pada 12 Mei. Apabila pada hari itu Trump tak memberikan verifikasi bahwa Iran mentaati perjanjian, maka ekspor minyak Iran kemungkinan bakal menyusut. Menurut satu studi yang dirilis minggu lalu, ada 60 persen kemungkinan Trump akan menarik AS dari perjanjian tersebut.

“Harga minyak naik lebih tinggi karena kekhawatiran mengenai dampak (kemungkinan) AS menarik diri dari kesepakatan nuklir Iran terus menerus menggerakkan sentimen investor,” ungkap ANZ Bank pada Reuters.

Senada dengan itu, Greg McKenna dari broke AxiTrader mengatakan, “Tajuk utama minggu ini adalah mengenai minyak dan kesepakatan nuklir Iran. Kita tahu Presiden Trump tak menyukainya.

Secara umum, pertaruhannya adalah -berdasarkan pergerakan harga minyak- Presiden Trump benar-benar menarik diri dari kesepakatan.” (Sofyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*