PLN Adakan Bakti Tim Khusus Kelistrikkan Tanpa Pemadaman Se-Jawa Barat

45600
PLN Adakan Bakti Tim Khusus Kelistrikkan Tanpa Pemadaman Se-Jawa Barat

JAKARTA (INDOPETRO)- Memberikan pelayanan terbaik untuk pelanggan, PT Perusahaan Listrik Negara (Persero), PLN, mengadakan kegiatan Bakti Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan Tegangan Menengah (PDKB-TM) 2018 PLN se-Jawa Barat. Tim PDKB merupakan tim khusus yang melaksanakan pemeliharaan, perbaikan dan penggantian isolator, konduktor dan lainnya pada jaringan listrik tanpa melakukan pemadaman listrik.

General Manager PLN Distribusi Jawa Barat (Disjabar), Iwan Purwana, melepas 18 tim dari 15 area PLN Se-Jawa Barat yang sebelumnya berkumpul di Depok, Minggu (6/5/2018). Kegiatan ini untuk meningkatkan konsolidasi dan kinerja 168 personel PDKB melalui pekerjaan serentak perbaikan dan pemeliharaan jaringan listrik di sejumlah titik yang telah ditentukan.

“Seiring dengan ekspektasi pelanggan yang semakin tinggi, peranan PDKB dapat menjadi salah satu strategi untuk mengoptimalkan kontinuitas dan kecepatan pelayanan agar pelanggan tidak mengalami pemadaman saat pemeliharaan,” kata Iwan dalam keterangan tertulis di Jakarta, pekan lalu.

Selama 2017, pemeliharaan jaringan listrik yang dilakukan tim PDKB-TM PLN Disjabar berhasil menghemat listrik sebesar 46.850.663,20 kWh atau setara dengan nilai pendapatan Rp 48,5 miliar.

Sedangkan di tahun ini hingga April, jumlah kWh yang diselamatkan mencapai 12.623.770 kWh dan setara Rp13.622.909.739. Ditargetkan Tim PDKB-TM PLN DJB dapat menyelamatkan 31.759.512 kWh hingga akhir tahun ini.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Walikota Depok Pradi Supriatna memberikan apresiasi atas kegiatan Bakti PDKB.

“Kami dari Pemerintah Kota Depok sangat berterimakasih kepada PLN telah menerjunkan tim khususnya untuk melakukan pemeliharaan jaringan listrik di kota Depok. Kami berharap dengan kualitas keandalan jaringan listrik yang bagus, dapat menunjang perekonomian maupun pembangunan di Kota Depok ini,” ujarnya.

Kegiatan ini juga sekaligus menjadi momentum untuk meresmikan penambahan 2 tim PDKB-TM Sentuh langsung di dua area, yaitu Bogor dan Bekasi. Sebelumnya, sejak 2016 PLN Distribusi Jawa Barat baru memiliki 1 Tim PDKB-TM Sentuh Langsung yang beroperasi di area Bandung.

Tim PDKB-TM Sentuh Langsung merupakan tim yang dapat memperbaiki jaringan udara tegangan menengah (SUTM) dengan cara menyentuh langsung jaringan tersebut, menggunakan sarana pendukung antara lain kendaraan crane yang berisolasi tahan 24.000 Volt untuk membawa petugas ke posisi mendekati jaringan, boom isolasi yang tahan tegangan 130 kV; dan bucket isolasi yang tahan tegangan 40 kV. (Gadih)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*