Blok Sanga-Sanga Per 8 Agustus Diserahkan ke Pertamina

28400
Blok Sanga-Sanga Per 8 Agustus Diserahkan ke Pertamina

JAKARTA (INDOPETRO)- Pada 7 Agustus 2018 Blok Sanga-Sanga berakhir PSCnya. Selanjutnya, pada 8 Agustus secara resmi diserahkan ke PT Pertamina (Persero). Sebelumnya, Sanga-Sanga dikelola oleh Saka Energi dan Vico.

“Per 8 Agustus 2018 ini Kami (Saka dan Vico) siap serah terimakan pengelolaan blok Sanga-Sanga. Segala asset termasuk produksi gas yang akan diserap oleh Kilang LNG Bontang dan industri petrokimia yang ada di Kalimantan Timur,” kata Presiden Direktur Saka Energi, Tumbur Parlindungan pada sejumlah wartawan, Kamis sore (3/5/2018) disela-sela acara The 42 nd IPA convention and exhibition (IPA Convex), di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat.

Dia mengutarakan, hingga kini belum ada pembicaraan dengan Pertamina terkait proses penyerahkan Blok Sanga-Sanga pada PT Pertamina. “Belum ada pembicaraan. Mungkin mereka masih melakukan konsolidasi internal,” imbuh Tumbur.

Menurutnya, Blok Sanga-Sanga dulu dibeli pada tahun 2016. Saat itu harga minyak 42 USD per barel. “Sekarang kan harga minyak sudah 60 USD per barel. Jadi kita enggak rugi secara finansial,” katanya.

Lebih jauh Tumbur menyatakan, semua pengoperasian blok Sanga Sanga akan diambil alih oleh PT Pertamina. Kemudian, lanjutnya, semua bentuk kontrak jual beli gas akan dialihkan ke PT Pertamina.

Diketahui, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) telah memastikan sebagai kontraktor kontrak kerja sama (Kontraktor KKS), Saka Energi mundur dari pengelolaan blok terminasi, Blok Sanga- Sanga.

Blok Sanga-Sanga akan diserahkan ke PT Pertamina (Persero). Padahal sebelumnya, anak usaha PT Perusahaan Gas Negara (PGN) itu sudah beberapa kali menyatakan minatnya untuk ikut mengelola Blok Sanga-Sanga.

Sedang rincian pembagian PI di Blok Sanga-Sanga yakni, Pertamina adalah sebesar 67,5% BUMD 10% dan badan usaha eksisting yang berminat 22,5% dengan perincian PT Karunia Utama Perdana sebesar 13,72% dan Opicoil sebesar 8,78%. (Sofyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*