APBN Saudi Seimbang, Harga Minyak Harus US$ 85 per Barel

11900
APBN Saudi Seimbang, Harga Minyak Harus US$ 85 per Barel
Foto: albalad.co

RIYADH (INDOPETRO)- Pemerintah Arab Saudi memerlukan harga minyak US$ 85 hingga US$ 87 per barel untuk menyeimbangkan anggaran belanjanya (APBN– red.) pada 2018. Hal tersebut diungkapkan oleh Direktur IMF (Dana Moneter Internasional) untuk kawasan Timur Tengah dan Asia Tengah Jihad Azur, Rabu (2/5/2018), seperti disinyalir Reuters.

“Arab Saudi memerlukan harga minyak US$ 85 hingga US$ 87 sebarel untuk menyeimbangkan anggarannya tahun ini,” kata Azur. Sedangkan untuk tahun lalu hanya perlu US$ 83 per barel tahun lalu.

Negara yang disebut-sebut sebagai lumbung emas hitam itu mengalami defisit sejak harga minyak mentah global anjlok pada pertengahan 2014.

Menteri Keuangan Arab Saudi Muhammad al-Jadaan menjelaskan negaranya dalam jalur benar untuk mengurangi defisit menjadi tujuh persen dari produk domestik bruto tahun ini.

Pemerintah Saudi memperkirakan tahun ini mengalami defisit 195 miliar riyal (US$ 52 miliar) atau 7,3 persen dari produk domestik bruto. Riyadh berencana menghilangkan defisit anggaran paling lambat 2023. (Sofyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*