Kelola Blok Mansouri di Iran, Pertamina Masih Cari Partner Lokal

40900
Calon Dirut Pertamina Definitif Harus Ahlinya
Foto: komoditas.co.id

JAKARTA (INDOPETRO)- PT Pertamina (Persero) tengah mencari partner lokal untuk menggarap blok minyak dan gas bumi (migas), Blok Mansouri, di Iran. Pemilihan partner harus disetujui terlebih dahulu oleh perusahaan migas Iran atau National Iraian Oil Company (NIOC).

Senior Vice President Upstream Business Development Pertamina, Denie Tampubolon mengatakan, pencarian partner lokal ini merupakan kewajiban setiap investor untuk mengelola lapangan migas di Iran. Porsi hak partisipasi‎ (Participating Interest) partner lokal ditentukan sebesar 20 persen.

“Iran kewajiban 20 persen minimal lokal,” kata Denie, di Jakarta, Kamis (3/5/2018).

‎Saat ini, lanjut Denie, Pertamina sedang mengkaji kandidat untuk diajak menjadi partner lokal, yang bisa digandeng untuk menggarap blok migas tersebut. “Partner itu lagi direview, karena begini, lokal partner mesti disetujui oleh Pemerintah Iran,” katanya.

‎Denie menuturkan, selain menggandeng partner lokal, Pertamina juga bisa menggandeng partner internasional untuk menggarap Blok Mansouri. Namun, saat ini masih dilakukan penyesuaian ketentuan.

‎”Internasional opsional, apa artinya? Kalau terms-nya ketemu, namanya berpartner orang pacaran saja musti sepakat dulu apalagi berpartner bisnis,‎” ujar dia.

Menurut Denie, kontrak kelola‎ Blok Mansouri merupakan peluang baik bagi Pertamina. Di mana hasil produksi migas dari blok tersebut bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan Indonesia. Selain itu, Pertamina juga ingin menyerap jatah gas patner tersebut.

“Kami sedang ajukan mendapatkan gas lokal partner, nanti mereka yang putuskan. Tunggu tanggal mainnya‎,” katanya. (Gadih)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*