Jokowi: Diperlukan Perubahan di Budaya Bisnis Migas

39300
Jokowi: Diperlukan Perubahan di Budaya Bisnis Migas
istimewa

JAKARTA (INDOPETRO)- Presiden Joko Widodo mengatakan sektor bisnis minyak dan gas bumi (migas) Indonesia membutuhkan perubahan dalam budayanya, agar dapat kembali berjaya. Hal ini disampaikan saat membuka 42th Indonesia Petroleum Association (IPA) Conference and Exhibition (Confex) 2018 yang diselenggarakan di Jakarta, 2-4 Mei 2018.

Jokowi mengaku migas adalah sektor yang sangat besar, dimana operasionalnya bisa mecapai ratusan triliun rupiah tiap tahunnya. Bahkan nama-nama yang besar dan tokohnya menarik perhatian dunia dengan prestasinya. Namun, menurutnya,sektor ini tampak sedang kehilangan pamor.

“Jika dulu lima perusahaan migas masuk dalam 10 besar perusahaan dengan capex terbesar dunia, kini sudah bergeser dengan hadinya bisnis teknologi dan e-commerce,” kata Jokowi.

Setelah melakukan dengan generasi muda yang berkecimpung di dunia e-commerce, Jokowi menyimpulkan bila saat ini bisnis migas sudah kurang menarik untuk anak muda. “Generasi muda cenderung idealis. Jadi untuk memilih karir mereka juga akan sesuai dengan ideologinya,” katanya.

Menurut Jokowi saat ini sedikit minat generasi muda terhadap sektor migas didasari oleh menurunnya budaya bisnis yang baik. Contohnya, perizinan yang ribet dan meminta banyak persyaratan. Bahkan lamanya proses perizinan juga sering ditemui dalam bisnis migas.

“Sektor migas harus berubah agar lebih ideal dan inspiratif. Dengan demikian, generasi muda bisa termotivasi memajukan migas,” kata Jokowi.

Terkait budaya ini, Jokowi menyampaikan bahwa dirinya telah mengarahkan menterinya, khususnya Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan, untuk memangkas peraturan agar perizinan dalam migas di Indonesia tidak lagi bertele-tele. Dia pun meminta agar investor dan kontraktor migas tidak ragu memberi masukan ke pemerintah perihal perizinan.

“Jika sudah tidak bertele-tele, investor akan banyak yang datang,” kata Jokowi. (Gadih)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*