ESDM Perpanjang Izin Eksplorasi WK Panas Bumi

11100
ESDM Perpanjang Izin Eksplorasi WK Panas Bumi

JAKARTA (INDOPETRO)- Memberi kesempatan tambahan kepada investor untuk penuhi komitmen, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akan memperpanjang izin eksplorasi wilayah kerja panas bumi (WKP) yang habis kontrak pertengahan tahun ini.

“Kebanyakan diperpanjang. Satu masih kami pertimbangkan, yang Guci,” kata Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) ESDM, Rida Mulyana di Jakarta, pekan lalu.

Adapun yang akan habis kontrak adalah WKP Guci 55 megawatt (MW) yang dikelola PT Spring Energy Santosa dengan status kontrak eksplorasi yang akan berakhir pada 11 April 2018. WKP lainnya adalah WKP Baturaden dengan potensi 220 MW yang masa kontraknya pada 10 April 2018. Kontraktornya adalah PT Sejahtera Alam Energy.

Lalu, WKP Blawan Ijen 110 MW dikelola PT Medco Cahaya Geothermal habis kontrak pada 24 Mei 2018. Statusnya saat ini tahap eksplorasi.

WKP lainnya adalah Telaga Ngebel, 165 MW, yang dikelola oleh PT Bakrie Darmakarya Energi dan habis kontrak pada 14 Juni 2018, serta WKP Kaldera Danau Banten 110 MW yang dikelola oleh PT Synthesa Banten Geothermal.

Rida menegaskan bahwa izin perpanjangan yang diberikan ini merupakan yang terakhir. Bila badan usaha belum juga melanjutkan ke tahap eksploitasi sampai waktu perpanjangan yang diberikan, maka pemerintah akan mencabut izin panas bumi (IPB) badan usaha tersebut.

Enggak ada lagi permintaan perpanjangan. Pilihannya nanti dikembalikan atau diakhiri IPB-nya,” katanya. (Gadih)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*