Tertinggi Sejak 2014, Harga Minyak Dunia Naik

9800
Produksi Minyak AS Melonjak

JAKARTA (INDOPETRO)- Harga minyak dunia jenis Brent naik ke angka US$ 75,20 per barel, Selasa (24/4/2018). Ini merupakan angka tertinggi sejak turunnya harga minyak dunia di November 2014 lalu.

Selain pemulihan ekonomi global, kenaikan ini terjadi seiring dengan sanksi Amerika Serikat terhadap Iran serta kebijakan OPEC yang terus menahan output di tengah banyaknya permintaan. Isu rendahnya pasokan minyak pun akhirnya berhasil mendorong harga minyak ke level yang lebih tinggi.

Minyak Brent merupakan patokan internasional untuk harga minyak. Jenis lainnya, West Texas International (WTI), ikut naik di angka US$ 68,8 per barelnya. Naik 20 sen, atau sekitar 0,3%.

Pelaku pasar kini sedang mengantisipasi adanya sanksi ekonomi baru kepada Iran yang paling lambat diberikan pada 12 Mei sejak dicabut di era Presiden Barack Obama. Adapun kemungkinan pemberian sanksi juga diberikan kepada Venezuela yang merupakan salah satu eksportir besar minyak dunia. Jika benar terjadi, maka mereka akan memangkas kembali pasokan minyak.

Dilansir Reuters, penguatan harga minyak juga ditopang oleh data dari Genscape, perusahaan penyedia jasa informasi energi, yang menyatakan adanya penurunan cadangan minyak di fasilitas penyimpanan di Oklahoma. (Gadih)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*