Memimpin Pertamina, Berikut Tugas Baru Nicke Widyawati

84100
Plt. Dirut Pertamina Diminta Jalankan Rekomendasi BPK Soal PT BLT
Foto : metrotv.com

JAKARTA (INDOPETRO)- Setelah ditunjuk menjadi pelaksana tugas (Plt) Direktur Utama PT Pertamina (Persero) oleh Kementerian Badan Usaha Milik Negara(BUMN), Nicke Widyawati memiliki tugas utama. Meliputi penyaluran bahan bakar minyak (BBM) serta peningkatan produksi minyak dan gas bumi (migas) perseroan.

Pengamat Ekonomi Institute for Development of Economics and Finance (Indef), Bhima Yudhistira, menyampaikan bahwa sebagai Pimpinan BUMN Migas ini, Nicke memiliki pekerjaan rumah untuk negosiasi ulang perihal BBM subsidi. Pertamina selama ini melaporkan kerugian yang dialami dari penjualan BBM subsidi.

“Tekan kerugian dengan negosiasi kembali kebijakan penyaluran BBM satu harga dan subsidi BBM yang memberatkan keuangan. Ini butuh ketegasan direksi baru,” kata Bhima, di Jakarta, Senin (23/4/2018). Dia pun menambahkan pemerintah harus menambah subsidi  BBM agar beban perseroan dapat diringankan.

Tugas berikutnya, lanjut Bhima, adalah meningkatkan kempali penyaluran BBM Premium ke seluruh wilayah, dikarenakan bulan Ramadhan dan Lebaran yang akan datang. Sebelumnya penyaluran Premium sempat turun 50 persen di wilayah Jawa Madura Bali.

“Premium sangat penting untuk jaga daya beli jelang Lebaran,” katanya.

Terakhir adalah mendorong produksi migas dalam negeri.  Pada kuartal I 2018, rata-rata produksi migas Pertamina tercatat 924 ribu barel setara minyak per hari. “Percepatan eksplorasi sumur baru dan tingkatkan produksi sumur existing,” kata Bhima.

Selain ketiga tugas utama tersebut, penunjukkan Nicke juga diharapkan dapat memuluskan holding migas karena sebelumnya telah mengemban tugas sebagai Ketua Implementasi Holding Migas. Hal ini disampaikan oleh Staf Khusus Kementerian BUMN Wianda Pusponegoro.

“Sangat cocok apabila Ketua Tim Implementasi Holding Migas (Nicke Widyawati) yang kemudian secara konsisten menjalankan rencana holding migas yang sudah kita lakukan,” kata Wianda, dikutip Tempo. (Gadih)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*