Mesir Genjot Produksi Minyak

26100
Mesir Stop Impor Gas Alam Cair
Foto : meobserver.org

KAIRO (INDOPETRO)- Negeri Mesir kini dikabarkan tengah panen energi. Hal ini diutarakan oleh Kementerian Perminyakan Mesir, Selasa (17/4/2018) seperti dilansir Reuters. Produksi minyak negara Nil tersebut pada 2018 meningkat menjadi 657 ribu barel perhari, melonjak dari produksi tahun lalu sebesar 630 ribu barel saban hari.

Mesir berupaya menggenjot produksi minyaknya setelah baru-baru ini menemukan ladang minyak baru. “Kairo bertekad mengakhiri impor minyak mulai tahun depan dan mampu memenuhi kebutuhan dalam negeri,” kata Tareq al Molla, Menteri Perminyakan Mesir.

Sebagai catatan, Mesir juga memiliki ladang gas bawah laut di lapangan gas al Zohr. Tareq al Molla mengatakan, Lapangan al Zohr akan menjadi anugerah untuk kemajuan ekonomi Mesir, yaitu membantu penghematan biaya energi sekitar 750 juta dollar hingga mungkin beberapa miliar dolar setahun.

Dia mengatakan lapangan gas raksasa al Zohr memiliki cadangan 30 triliun kaki kubik dan fase pertama produksi sekitar 1,2 miliar kaki kubik per hari akan dicapai pada pertengahan 2018. Produksi kemudian akan naik bertahap menjadi 2,7 miliar kaki kubik per hari pada pertengahan hingga akhir 2019.

Perusahaan minyak Italia, ENI, memimpin produksi gas di Lapangan al Zohr, sedangkan BP mengawasi produksi lapangan gas besar bawah laut di kawasan Delta Nil Mesir, yang dikenal dengan al Nooros. (Sofyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*