Dirjen EBTKE Jamin EBT Tidak Dilupakan

21200
Dirjen EBTKE Jamin EBT Tidak Dilupakan
Foto : istimewa

JAKARTA (INDOPETRO)- Walaupun pemerintah saat ini fokus pada pemerataan dan keterjangkauan harga energi untuk masyarakat tetapi pengembangan Energi Baru dan Terbarukan (EBT) tidak dilupakan. Demikian diungkapkan oleh Rida Mulyana, Direktur Jenderal (Dirjen) Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE).

“Semua warga berhak untuk mendapatkan energi merata dan terjangkau secara bersamaan,” kata kata Rida dalam diskusi bertajuk ‘Energy Policy : Disruption Approach To Improve Friendly Investment Climate‘, pada Kamis (19/4/2018) di Jakarta.
Pemerintah akan merendahkan harga listrik serendah- rendahnya dan meningkatkan daya beli masyarakat.

Walaupun demikian, lanjut Rida, pemerintah tidak akan melupakan dan terus mendorong pengembangan EBT. “Orientasi pemerintah dalam pengembangan EBT tidak berubah. Targetnya juga tetap,” katanya.

Pihak kementerian juga menyadari bahwa soal tarif atau feed in tariff EBT masih menjadi salah satu persoalan. “Saat ini kita sedang menggodok tarif energi surya dan angin,” katanya. Bahkan pihak Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pun concern dalam pembangunan energi terbarukan. Utamanya menyangkut harga dan teknologi EBT. “KPK juga memberi rekomendasi,” katanya.

Dia juga mengutarakan bahwa pemerintah saat ini sedang berusaha untuk menyederhanakan perizinan dan regulasi EBT yang ada sehingga friendly investor. “Konsumen adalah raja. Kita sedang merubah paradigma. Ada perubahan birokrasi, semangat melayani investor, utamanya investor EBT” ujar Rida. Pemerintah mendorong agar investor memasukkan investasinya sebesar-besarnya. (Sofyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*