Ada 26 WK Migas Ditawarkan Tahun Ini

17600
Ada 26 WK Migas Ditawarkan Tahun Ini
Foto : training-id.com

JAKARTA (INDOPETRO)- Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM) tidak menampik bahwa produksi minyak saat ini menurun. Karena produksi minyak menurun maka KESDM memiliki strategi jangka pendek, menengah dan panjang untuk meningkatkan produksi.

“Pendek kata, kita welcome dengan teknologi yang dalam waktu jangka pendek bisa meningkatkan produksi, seperti fracturing,” kata Wakil Menteri (Wamen) ESDM Arcandra Tahar, dalam diskusi, Kamis (19/4/2018) di Jakarta.  Jangka menengah EOR dengan Cost Recovery.

“Mungkin gak EOR. Tapi bagaimana dengan Gross Split. Karena cost bukan lagi bagian dari state budget, saya rasa Gross Split akan menambah gairah,” kata Arcandra. Sedang EOR menjadi alternatif untuk meningkatkan produksi. Sedang untuk jangka panjang kita baru bahas fiscal regime dari Cost Recovery ke Gross Split.

Dia juga mengutarakan bahwa dengan lakunya blok migas saat ini berarti produksi akan naik kalau diperbaiki melalui eksplorasi blok. “Saya katakan eksplorasi membutuhkan waktu antara 6-10 tahun. Kalau dia discovery tahun ke 6 atau 10 maka membutuhkan waktu 5-10 tahun lagi dari penemuan. Bahkan mungkin hingga 15 – 20 tahun,” katanya.

Lebih jauh Wamen Arcandra mengutarakan, persoalan insentif pajak Gross Split 79 yang dikeluarkan pada 2010, yang sangat dikeluhkan oleh dunia usaha sudah diperbaiki lewat Peraturan Pemerintah (PP) 27. Sedang untuk Gross Split diterbikan PP 53, yang proses penerbitannya sangat cepat. Dampaknya, lelang blok migas konvensional pada 2015 tidak ada yang laku dengan Cost Recovery.

“Pada tahun 2015 kita tawarkan. Hasilnya hingga pada tahun 2016 nol yang laku,” kata Arcandra.

Menurutnya, pada tahun 2017 pihak KESDM menawarkan lagi, 5 Wilayah Kerja (WK) yang laku. Tahun ini kita tawarkan 26 WK untuk direct offer. Kita tawarkan 4 WK sudah ada beberapa perusahaan yang mengajukan dokumen penawaran,” katanya.

Untuk lelang reguler akan ditutup pada Juni 2018. Pertanyaannya, lanjut Arcandra, apakah skema Gross Split menarik atau tidak, dirinya berharap bisa melihat datanya. (Sofyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*