Wamen ESDM : Potensi Migas di Laut Dalam Sangat Besar

8400
Pengamat Sayangkan Sikap Wamen ESDM Tegur Panitia IPA Convex 2018
Foto : merdeka.com

JAKARTA (INDOPETRO)- Indonesia memiliki potensi minyak dan gas bumi (migas) di laut dalam. Namun letaknya bukan di Indonesia Barat tetapi di kawasan Indonesia Timur. Untuk mengembangkan potensi migas laut dalam tersebut Indonesia membutuhkan investor.

“Tantangan lain di sisi hulu adalah pengembangan lapangan laut dalam di Indonesia. Lapangan laut dalam Indonesia diyakini memiliki potensi signifikan tetapi kami juga menghadapi tantangan besar ke depan terkait pengembangannya,” kata Wakil Menteri (Wamen) Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar pada sejumlah media, Senin (16/4/2018) di Jakarta.

Ditambahkannya, pengembangan migas di laut dalam memerlukan kolaborasi antara pemerintah dan kontraktor untuk mencapai target on-stream. Dukungan pemerintah dalam pembangunan perairan dalam diformulasikan dalam kebijakan untuk memberikan insentif bagi proyek-proyek laut dalam.

Salah satu negara, seperti Norwegia, kata Arcandra, memiliki keahlian dan pengalaman dalam pengembangan minyak dan gas bumi di laut dalam. Pemerintah Indonesia ingin belajar tentang lepas pantai dari Norwegia.

Perusahaan migas internasional juga masih menaruh minat yang tinggi untuk berpartisipasi dalam upaya eksplorasi hulu migas Indonesia utamanya laut dalam dan wilayah timur Indonesia.

“Indonesia membutuhkan pertukaran pengetahuan dan pengalaman dengan Norwegia dalam upaya meningkatkan produksi dari lapangan laut dalam,” katanya. (Sofyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*