Pelaku Hulu Migas : Pemerintah Dapat Belajar dari Negara Lain untuk Dongkrak Investasi

12300
Wamen ESDM : Potensi Migas di Laut Dalam Sangat Besar
Foto : bisnis.com

JAKARTA (INDOPETRO)- Indonesia sejatinya bisa belajar dari negara-negara lain untuk mendorong agar investasi dapat kondusif sehingga para calon investor sektor hulu minyak dan gas bumi (migas) datang ke Indonesia.

“Kita perlu melihat apa yang dilakukan negara-negar lain untuk memperbaiki iklim investasi dalam negeri,” kata Direktur Indonesian Petroleum Association (IPA) Ignatius Tenny Wibowo pada sejumlah media, Kamis (12/4/2018) di Jakarta. Misalnya terkait hal birokrasi dan beberapa regulasi hulu migas yang telah diterbitkan belakangan ini.

Dia juga menyoroti daya saing Indonesia terhadap negara-negara lain di sektor hulu migas. “Kita bisa mengkaji beberapa negara yang bisa menarik investor, meskipun harga minyak tidak kunjung membaik,” katanya.

Salah satu contohnya adalah Meksiko. Negara yang terletak di Amerika Utara ini bisa meningkatkan Iklim invetasinya lewat lelang blok migas di tengah harga minyak rendah.

Negara lainnya yang bisa menarik investasi di tengah harga minyak rendah adalah Mesir. Untuk itu, perlu mengundang Menteri Energi dari Mesir untuk berbagi cerita sukses tersebut. “Kami bersama seluruh pemangku lain bisa belajar success story dari negara lain supaya bisa belajar bersama,” ujar Tenny.

Untuk dia berharap agar pelaku migas dan juga perwakilan pemerintah pusat dan daerah dapat bersinergi dalam pertemuan. Tujuannya membahas insentif yang diperlukan di sektor hulu migas. Salah satu insentif yakni mengenai insentif libur pajak atau tax holiday di sektor hulu migas. (Sofyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*