OPEC Sebut Minyak Global Surplus

3400
OPEC Sebut Minyak Global Surplus
Foto : wtj.com

JAKARTA (INDOPETRO)- The Petroleum Exporting Countries (OPEC) atau Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak Bumi melaporkan bahwa terjadi surplus minyak global. Pasalnya, hal ini karena membludaknya permintaan energi dunia serta pelaksanaan kesepakatan pemangkasan output.

“OPEC dan sejumlah produser minyak sekutunya siap memperpanjang kesepakatan hingga tahun 2019,” kata Sekjen OPEC, Mohammad Barkindo seperti dikutip Reuters, Jumat (13/4/2018).

Dia menyampaikan surplus minyak global sudah nyaris menguap. Hal ini lantaran kuatnya permintaan energi dunia serta pelaksanaan kesepakatan pemangkasan output sejak awal tahun lalu.

Walaupun demikian Barkindo tidak menampik terdapat prediksi yang mengungkapkan bahwa surplus minyak global diproyeksikan berakhir pada September 2018.

Dia juga menyatakan kelebihan minyak global menyusut secara efektif sejak awal 2017. “Kami melihat penyusutan stok dalam penyimpanan dari 400 juta barel menjadi sekitar 43 juta di atas rata-rata lima tahun,” kata Barkindo.

OPEC, Rusia, dan beberapa produsen non- OPEC lainnya mulai memangkas pasokan pada Januari 2017.

Kesepakatan mereka berjalan hingga akhir tahun dan OPEC bertemu Juni untuk memutuskan tindakan selanjutnya. “Ada keyakinan yang berkembang bahwa deklarasi kerja sama tersebut akan diperpanjang melampaui 2018,” ucap Barkindo. “Rusia akan terus memainkan peran utama.”

Sementara itu, harga minyak mentah diperkirakan melandai. Namun demikian, harga minyak kemungkinan akan tetap mencatatkan kenaikan sekitar 7 persen dalam pekan ini, memantapkan reli harga yang telah berlangsung sejak pertengahan tahun 2017 dengan dorongan kesepakatan pemangkasan output OPEC. (Sofyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*