Naik 39% Produksi Migas Pertamina Kuartal I 2018 Masih Belum Sesuai Target RKA

12200
Sah, Pertamina Operasikan WK Ogan Komering
Foto : liputan6.com

JAKARTA (INDOPETRO)- PT Pertamina (Persero) mengklaim produksi minyak dan gas bumi(migas) selama kuartal I tahun 2018 telah naik. Namun jumlah produksi tersebut masih belum mencapai target Rencana Kerja dan Anggaran (RKA) perusahaan.

Senior Vice President Upstream Strategic Planning and Operation Evaluation Pertamina, Meidawati, menyampaikan bila produksi migas perseroan cenderung bertambah karena adanya produksi dari sejumlah blok migas yang kini dikelola Pertamina. Produksi selama periode Januari hingga Maret 2018 mencapai 39 persen katanya.

“Produksi migas Pertamina Januari hingga Maret 2018 mencapai 924 ribu barel setara minyak per hari (barrels oil equal per day/BOEPD). Padahal periode yang sama tahun lalu hanya 665,” kata Meidawati, di Jakarta, Selasa (10/4/2018).

Meidawati menambahkan, produksi migas Pertamina saat ini ditopang Blok Mahakam yang baru dialihkan tata kelolanya dari Total E&P Indonesie ke Pertamina Hulu Mahakam (PHM) awal Januari 2018. Selain itu ada Blok Cepu dan beberapa blok lain termasuk yang dikelola PT Pertamina International EP (PIEP) yang berlokasi di Aljazair dan Irak.

Meski demikian, lanjut Meidawati, produksi migas periode ini masih lebih rendah daripada target dalam RKA 2018. Di mana ditargetkan akan mencapai 930 BOEPD.

“Jika dirinci, produksi minyak selama tiga bulan terakhir sebesar 386 ribu barel setara minyak per hari (BOEPD). Tahun lalu yang mencapai 326 ribu. Adapun, produksi gas Januari-Maret 2018 mencapai 3.036 juta kaki kubik per hari. Tahun lalu, periode yang sama hanya 1.963 MMscfd,” katanya. (Gadih)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*