Perang Dagang AS Vs China Rontokkan Harga Minyak Global

11900
Tim harga minyak KESDM : Harga ICP April Naik
buzznigeria.com

JAKARTA (INDOPETRO- Fluktuasi harga minyak mentah hingga kini masih terjadi. Bahkan pada akhir pekan lalu, harga minyak merosot drastis sekitar 2%. Apa penyebabnya?

Menurunnya harga minyak disebutkan lantaran terjadinya perang dagang antara Amerika Serikat (AS) Versus China. Diketahui, ancaman Presiden AS, Donald Trump untuk menerapkan bea impor tambahan pada China, setelah Beijing memberlakukan bea impor balasan atas puluhan produk ekspor AS sebagai respon untuk tindakan Washington mengaplikasikan bea impor logam.

Dampak perang dagang AS – China tersebut dikhawatirkan dapat merembet pula ke sektor minyak dan gas bumi (migas).

“Sementara eskalasi perang dagang bisa menyinggung sentimen pertumbuhan global, sumber ketakutan asli adalah China, yang jika ditekan cukup kuat maka dapat menerapkan tarif pada minyak AS yang mereka impor,” kata Stephen Innes, pimpinan trading untuk Asia Pasifik di broker OANDA di Singapura, seperti dikutip Reuters, Senin (9/4/2018).

Hal serupa disampaikan oleh beberapa analis lainnya. “China bisa mencampakkan energi (minyak) AS kapan saja karena banyak suplai dari sumber lainnya, sedangkan bagi AS, energi adalah subjek yang sensitif,” kata Will Yun, analis komoditas dari Hyundai Futures Corp, pada Bloomberg.

Lebih dari itu, “Jika China menunjukkan kesediaannya untuk menerapkan tarif impor atas minyak mentah, (maka) itu akan mengirim shock wave ke pasar,” kata Min Byungyu, pakar strategi global di Yuanta Securities Co. (Sofyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*