JAI Targetkan Gandeng 5 Perusahaan Migas

23000
JAI Targetkan Gandeng 5 Perusahaan Migas

JAKARTA (INDOPETRO)- PT Jasa Armada Indonesia, Tbk (JAI) terus berusaha membuka peluang kerja sama dengan beberapa perusahaan minyak dan gas bumi (migas). Salah satunya, mendapat amanah oleh PT Perusahaan Gas Negara (PGN) untuk mengelola satu bisnis. Apa bentuk dan jenis bisnisnya?

“Kami dipercaya PGN. PGN mengejar-ngejar kami untuk melakukan kerja sama dengan JAI,” kata Supardi, Direktur Komersial dan Operasi PT Jasa Armada Indonesia Tbk pada sejumlah media, Senin (2/4/2018) di Jakarta. Tentu tawaran tersebut masih dalam proses kalkulasi bisnis.

“Kita masih hitung-hitung apakah bagus atau tidak,” ujarnya. Pihak PGN mengetahui bahwa PT JAI adalah pihak yang mengelola kapal dan melayani keluar-masuk untuk navigasi.

Apa bentuk kerjasamanya? “Bentuk kerjasama PT JAI dengan PGN adalah menyediakan suatu mothership untuk gas. Mothersip gas ini cukup besar,” ujar Supardi. Mothership untuk gas ini tidak akan ditempatkan di tengah tetapi di dermaga. “Mudah-mudahan ini menjadi bisnis bagus kita,” katanya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Herman Susilo, Direktur Keuangan dan SDM PT Jasa Armada Indonesia Tbk. “Ini masih dalam proses, tapi kita berharap menjadi peluang bagus,” katanya. Namun demikian pihaknya belum dapat menceritakan ini lebih detil.

Dia juga mengutarakan bahwa pada tahun 2018 JAI menargetkan lima (5) perusahaan minyak dan gas bumi (migas). “Tapi kita belum bisa sebutkan kelima perusahaan migas itu,” kata Herman. Walaupun demikian, pihaknya tidak menampik bahwa saat ini peluangnya sangat besar untuk pengembangan dan kerja sama di sektor migas.

Salah satu mitra bisnis JAI adalah PetroChina. Awal 2018, perusahaan ini menggandeng kerja sama operasi pelayanan pemanduan dan penundaan kapal dengan PetroChina International Jabung Ltd