Cadangan Minyak Irak Diprediksi Lebih Besar dari Saudi

42500
Cadangan Minyak Irak Diprediksi Lebih Besar dari Saudi
Foto : boombastis.com

BAGHDAD (INDOPETRO)- Irak ternyata memiliki cadangan minyak dua kali lebih besar dari yang diperkirakan saat ini atau sebesar 300 miliar barel. Hal tersebut diungkapkan oleh Menteri Perminyakan Irak Jabar al-Luaibi, Rabu (28/3/2018) dalam konferensi energi di Ibu Kota Baghdad.

Setahun silam, pemerintah Irak menaikkan prediksi cadangan minyak menjadi 153 miliar barel dari estimasi sebelumnya sebesar 143 miliar barel.

Apa yang diungkapkan oleh Luaibi juga pernah dinyatakan Ketua Komisi Perminyakan dan Gas di parlemen Irak Adnan al-Janabi.

Dengan pernyataan Luaibi tersebut, berarti cadangan minyak Irak lebih besar ketimbang milik Arab Saudi, yakni 250 miliar barel.

Irak, penghasil minyak terbesar kedua di OPEC (Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak), berencana menaikkan produksinya dari 4,35 juta barel sehari menjadi lebih dari lima juta barel per hari. “Tentu saja tidak akan jauh dari keputusan OPEC,” kata Luaibi.

Diketahui, saat ini Irak sedang gencar-gencarnya mengundang para investor asing untuk mengikuti tender proyek pengelolaan 11 (sebelas) ladang minyak dan gas di selatan serta timur wilayahnya. (Sofyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*