Turki Importir Gas Terbesar Kelima di Dunia

29300
ESDM Putuskan Lanjutkan Kontrak Trader Bertingkat
Foto : istimewa

ANKARA (INDOPETRO)- Pemerintah Turki sangat bergantung pada impor gas alam alam. Karena itu, tidak heran bila negerinya Mustafa Kamal Attaturk ini berharap banyak pada lobi energi. Bahkan konon mencapai 60 hingga 80%.

Ketua Partai Rakyat Republik (CHP), Kemal Kilicdaroglu mengkritik ketergantungan pemerintah Erdogan terhadap lobi-lobi energi yang mencapai 60 persen.

“Turki telah menyerah pada lobi energi. Negara-negara Barat tidak menyerah kepada lobi energi, tetapi Turki melakukannya. Alasan di balik ini karena tidak ada perencanaan yang matang,” kata Kilicdaroglu kepada para peserta loka karya energi partainya di Provinsi Zonguldak, seperti dilansir Hurriyet Daily News, pada Minggu (25/3/2018).

Dia menambahkan, tingkat ketergantungan Turki pada lobi energi naik menjadi 60-80 persen karena kurangnya perencanaan. “Negara kita adalah importir gas alam terbesar kelima di dunia. Kita menghabiskan 27 miliar dolar untuk energi pada tahun 2016 dan beban tambahan ditanggung rakyat sebesar 10 miliar dolar pada 2017,” jelasnya.

Naiknya kebutuhan energi di sektor industri Turki membuat pemerintah Ankara kehilangan daya tawar di pasar energi dunia. (Sofyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*