Polda Bengkulu Kunjungi Lapangan Panas Bumi Hululais PGE

42500
ESDM Perpanjang Izin Eksplorasi WK Panas Bumi

BENGKULU (INDOPETRO)- Kepolisian Daerah (Polda) Bengkulu mengadakan kunjungan ke lapangan Wilayah Kerja Panas Bumi Hululais yang tengah dikerjakan oleh PT Pertamina Geothermal Energy (PGE).

Dalam kunjungan, Direktur Pengamanan Objek Vital (Pamobvit) Polda Bengkulu, Kombes Pol Mohamad Arifin, menyatakan kunjungan ke lapangan yang berlokasi di Kecamatan Lebong Selatan, Kecamatan Lebong, sebagai bagian asistensi sistem pengamanan Polri terhadap objek vital nasional (obvitnas) milik PGE sesuai UU No 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia. Kunjungan juga bertujuan untuk memahami lebih jauh terkait dengan kegiatan operasional bisnis panas bumi (geothermal).

“Pengamanan obvitnas, khususnya di sektor minyak dan gas bumi (migas) dan panas bumi sudah menjadi tanggung jawab dan komitmen semua pemangku kepentingan,” kata Arifin, di Lebong, pekan lalu.

Menurut Arifin, obvitnas bisa berjalan baik apabila telah menerapkan sistem manajemen pengamanan yang komprehensif untuk meredam gangguan. Berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 63 Tahun 2004 tentang Pengamanan Obyek Vital Nasional (Obvitnas) disebutkan  obvitnas memiliki peran penting bagi kehidupan bangsa dan negara ditinjau dari aspek ekonomi, politik, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan.

Saat site visit ke lokasi pemboran sumur Geothermal HLS-D/1, Cluster A, Cluster X, dan Disposal, Direktur Pamobvit Polda Bengkulu, yang didampingi jajaran perwira Polda Bengkulu lainnya, selanjutnya mendapat pemaparan lebih detail dari Pimpinan Proyek Hululais Hasan Basri.

Menurut Hasan Basri, Proyek Geothermal PGE Hululais adalah proyek strategis untuk ketahanan energi nasional terutama bagi Provinsi Bengkulu dan juga Sumatera. Sehingga keberadaan proyek Hululais sangat memerlukan dukungan sistem manajemen pengamanan yang baik.

“Proyek Hululais ini padat modal dan teknologi, sehingga apabila pengamanan kurang diperhatikan bisa berpotensi terhambatnya proyek,” katanya. (Gadih)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*