Ini Strategi Perusahaan Setrum Negara Terangi Desa

25500
Ini Strategi Perusahaan Setrum Negara Terangi Desa
Foto : sindonews.com

JAKARTA (INDOPETRO)- Upaya untuk menerangi pedesaan terus dilakukan dengan beragam strategi. Apa strategi yang ditempuh oleh PT PLN untuk membuat desa terang?

Ada beberapa strategi yang dilakukan perusahaan setrum negara agar masyarakat pedesaan bisa menikmati penerangan listrik. Obsesi kita adalah melistriki desa baru yang belum berlistrik maupun desa lama yang sebagian dari dusunnya belum berlistrik,” kata Sofyan Basir, Direktur Utama (Dirut) PT PLN pada sejumlah media, Sabtu (24/3/2018) di Jakarta.

Di samping itu, lanjutnya, melakukan perluasan jaringan distribusi dari sistem kelistrikan eksisting yang berdekatan disertai dengan penambahan kapasitas pembangkit yang diperlukan sistem tersebut.

“Bagi daerah yang masih terisolasi, pelosok dan perbatasan dengan negara tetangga dimana pemanfaatan Energi Baru Terbarukan (EBT) masih belum terwujud, dimungkinkan adanya pengembangan pembangkit berbahan bakar minyak,” katanya.

Dia juga mengutarakan, pihaknya juga akan melakukan pembangunan pembangkit skala kecil baik EBT dan pembangkit lainnya termasuk PLTS Komunal, Tower PV dan Solar Home System serta jaringan distribusi yang diperlukan, untuk melistriki desa terisolasi yang terletak jauh dari desa berlistrik eksisting.

“Membuka kemungkinan hybrid PLTS dan hybrid PLTB dengan grid PLN. Bekerja sama dengan pemerintah untuk mendukung program Pra-elektrifikasi seperti LTSHE,” katanya.

Pihaknya, lanjut Sofyan, juga sedang mencari metode-metode baru untuk melistriki daerah isolated sangat sulit dijangkau jaringan PLN maupun dibangun pembangkit. Contoh dengan DC house / Tabung listrik (Talis).

“PLN dan pemerintah berupaya untuk mencapai Rasio Desa Berlisrik (RD) 100% pada 2018,” tandasnya. (Sofyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*