PLN Dorong Pembangunan Pembangkit Baru Jalur Utara Jawa

33000
Regulasi Tidak Kondusif Listrik Makin Tidak Dilirik Investor
dok. istimewa

PURWAKARTA (INDOPETRO) – PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) mulai membangun beberapa pembangkit listrik di jalur utara Jawa. Infrastruktur ini masuk dalam program 35.000 Megawatt (MW) Pemerintah untuk memperkuat sistem kelistrikan yang berdampak pada efisiensi yang besar dari hulu hingga hilir.

Beberapa yang akan dibangun adalah transmisi SUTET 500 Kilovolt (KV), mulai dari Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Tanjung Jati, Jepara, Jawa Tengah, hingga GITET 500 KV Cibatu Baru, Deltamas, Kabupaten Bekasi. Seluruhnya diprediksi rampung dibangun pada 2019 mendatang.

Sebagai seremoni dimulainya kegiatan konstruksi, PLN Regional Jawa Barat Bagian Tengah melakukan groundbreaking SUTET 500 KV PLTU Indramayu- Cibatu Baru (Deltamas) di Desa Cijunti, Kecamatan Campaka, Kabupaten Purwakarta, pada Rabu (21/3/2018).

“Kita mulai pekerjaan konstruksi untuk SUTET 500 KV yang menghubungkan PLTU Indramayu dengan GITET 500 KV Cibatu Baru, Kabupaten Bekasi. Total ada lima kabupaten yang dilintasi jaringan ini, yakni Indramayu, Subang, Purwakarta, Karawang dan Bekasi,” kata Direktur PLN Regional Jawa Barat Bagian Tengah, Amir Rosidin.

Menurut General Manager PLN Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Tengah, Amihwanuddin, proyek ini sudah dimulai sejak 2016. Di mana bertepatan dengan terbitnya surat Gubernur Jawa Barat Nomor 593/Kep.1342/Pemum/2016 pada 23 Desember 2016 mengenai penetapan lokasi.

“Sejak saat itu langsung operasional dengan membebaskan lahan yang akan dilintasi jaringan listrik. Panjang jalur yang dibebaskan sepanjang 105,3 kilometer dan sebanyak 293 tower yang akan dibangun. Dalam pelaksanaannya kami  bekerja sama dengan PT Karya Mitra Nugraha,” katanya. (Gadih)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*