PLN Cari Mitra Kelola WK Panasbumi

14600
ESDM Tawarkan PLN Lima WK Panas Bumi Baru
Foto: mmindustri.co.id

JAKARTA (INDOPETRO)- PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) tengah menyiapkan beberapa proyek wilayah kerja panasbumi (WKP) yang dikelola perseroan untuk dikerjakan bersama mitra.

Manager Senior Energi Panasbumi PLN, Yudistian Yunis, mengatakan bahwa PLN masih belum memiliki banyak pengalaman dalam eksplorasi dan eksploitasi sumber panasbumi. oleh karena itu, perseroan membutuhkan mitra yang memiliki kompetensi teknis untuk mengelolanya.

“Kami ingin mitra yang punya kemampuan di sisi hulu. Nah, polanya sedang dibahas di internal PLN,” kata Yudistian, di Jakarta, Selasa (20/3/2018). Pengelolaan kemitraan juga bermanfaat untuk menekan biaya pengembangan sehingga biaya produksi panasbumi tidak terlalu mahal.

PLN saat ini telah mendapatkan penugasan mengelola delapan WKP, antara lain WKP Mataloko berkapasitas 22,5 megawatt (MW), Atedei 10 MW, dan Ulumbu 50 MW di Nusa Tenggara Timur.

Kemudian WKP Songa Wayaua di Maluku Utara berkapasitas 10 MW, Gunung Tangkuban Perahu, Jawa Barat 60 MW, Tulehu di Ambon 2×10 MW, WKP Ungaran, Jawa Tengah 55 MW, dan Kepahiang di Bengkulu berkapasitas 110 MW.

Selain itu, PLN juga tengah mengajukan penambahan untuk mengelola tiga WKP kepada pemerintah, yakni WKP Gunung Sirung 5 MW, Danau Ranau 55 MW, dan Oka Ile Ange 10 MW.

Sebelumnya, Direktur Utama PLN Sofyan Basir mengatakan pihaknya cenderung memprioritaskan pengelolaan WKP secara mandiri. Namun, tidak menutup kemungkinan untuk menggandeng mitra dengan mayoritas hak kelola dikuasai PLN.

“Kalau mau kerjasama boleh, tapi majority PLN,” kata Sofyan. (Gadih)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*