Adanya Dekom Pertamina Seperti Tiada

24100
Adanya Dekom Pertamina Seperti Tiada
Foto : nusantaranews.com

JAKARTA (INDOPETRO)- Federasi Serikat Pekerja Pertamina Bersatu (FSPPB) menyebut keberadaan Dewan Komisaris (Dekom) PT Pertamina (Persero) perannya tidak berfungsi. Bahkan, keberadaannya pun tidak diperhitungkan dan didengarkan oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Apa indikasinya?

Dekom Pertamina sejatinya memberikan masukan sekaligus mengawasi kinerja direksi ketika ada kebijakan baru dari Menteri BUMN sebagai ibu dari Pertamina, perusahaan plat merah. “Faktanya Dekom diam saja saat Menteri Rini menerbitkan SK-39/MBU/02/2018,” kata Presiden FSPPB Noviandri seusai memotong nasi kuning tumpeng dalam perayaan HUT 15 FSPPB pada Senin (19/3/2018) di Jakarta. Oleh sebab itu, Dekom sebaiknya mengundurkan diri.

Pihak FSPPB pun memasang spanduk yang berisi tuntutan pada Dekom. Spanduk bertuliskan “Menteri BUMN Anggap Dewan Komisaris TIDAK ADA Lebih Baik Kalian MUNDUR SAJA”, terpampang jelas dibalik gerbang utama pintu keluar Gedung Pertamina. Jadi, siapapun yang akan keluar dari Gedung Pertamina pasti dapat dengan mudah membaca spanduk bernada protes tersebut. Spanduk serupa juga terpasang di beberapa sudut dan titik strategis Gedung Pertamina sehingga dapat dilihat dan dibaca oleh semua orang yang lalu-lalang. Tidak terkecuali pihak Dekom Pertamina.

Tidak cukup dengan spanduk, FSPPB juga menempuh jalur hukum. Pihak federasi juga telah melayangkan gugatan terhadap SK 039 itu ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jakarta Timur, Rabu (28/2/2018). Gugatan tersebut merupakan upaya hukum yang dilakukan FSPPB sebagaimana diatur dalam Pasal 7 ayat (7) Perjanjian Kerja Bersama (PKB) antara Pertamina dan FSPPB.

Lebih jauh Noviandri mengutarakan dalam usianya yang ke 15 tahun, FSPPB terus berjuang. “Yang pasti FSPPB semakin matang,” tegasnya. FSPPB dideklarasikan pada tanggal 18 Maret 2003.

Garis perjuangan FSPP sangat jelas. Beberapa hal yang menjadi titik perjuangan FSPPB adalah sebagai berikut: Pertama, Mempertahankan kelangsungan bisnis perusahaan
Kedua, meningkatkan kesejahteraan pekerja. Ketiga, memberikan perlindungan pekerja. (Sofyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*