Pertamina Gelar RUPS Holding Migas?

27300
FSPPB Tolak Akuisisi Pertagas Oleh PGN
Foto : jitunews.com

JAKARTA (INDOPETRO)- Gagasan holding Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Minyak dan Gas Bumi (Migas) memasuki tahapan baru. Pasalnya, Pertamina sebagai induk holding, harus menyelenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) untuk menerima PT PGN sebagai anak perusahaan. Diketahui, holding migas direncanakan untuk menggabungkan PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) dengan PT Pertamina (Persero) Gas.

Menurut informasi, pada Senin (19/3/2018), diadakan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PT Pertamina, yang akan membahas perihal masuknya PGN dalam tubuh Pertamina. PGN akan menjadi anak usaha Pertamina. Rencana ini menjadi bagian dari pembentukan Holding BUMN Migas.

Data RTI menyebut, sampai 28 Februari 2018 kepemilikan saham PGN terdiri dari 56,96% milik pemerintah Indonesia, dan 43,06% milik publik. Jika merujuk pada rencana penggabungan, saham PGN sebesar 56,96% itu akan dilimpahkan ke Pertamina.

Hal tersebut sesuai dengan aturan yang tertuang dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2018 tentang Penambahan Penyertaan Modal Negara Republik Indonesia ke dalam Modal Saham Perusahaan Perseroan PT Pertamina.

Menurut sumber yang mengetahui rencana tersebut, ada instruksi bagi dana pensiun dan BPJS Ketenagakerjaan untuk membeli saham PGN. Intervensi ini diharapkan bisa menjaga harga saham PGN di pasar modal. (Sofyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*