Iran Tanam Investasi Energi dan Tambang di Qatar

31800
Iran Peringati Hari Nasionalisasi Minyak
Foto : sindonews.com

TEHERAN (INDOPETRO)- Iran berencana untuk menanamkan investasi diberbagai bidang di Qatar. Sektor energi dan pertambangan menjadi salah prioritasnya.

Hal tersebut diungkapkan oleh Direktur Jenderal Departemen Arab-Afrika di Badan Pengembangan Perdagangan Iran, Farzad Piltan.

Piltan menuturkan bahwa pertemuan ke-6 komisi bersama untuk kerjasama ekonomi Iran-Qatar akan diselenggarakan di Doha pada 16-17 April 2018.

“Dalam pertemuan itu, sektor pemerintah dan swasta Iran-Qatar akan membahas masalah investasi, perdagangan, energi, transportasi, pariwisata, industri dan pertambangan,” kata Piltan, seperti dikutip Islamic Republic News Agency (IRNA), pada Senin (19/3/2018). Nilai perdagangan Iran-Qatar pada 2017 mencapai 200 juta dolar.

“Volume perdagangan Tehran dan Doha mencatat angka 90 juta dolar pada 2016, dan angka ini naik menjadi 200 juta dolar setelah munculnya krisis dalam hubungan Qatar dengan Arab Saudi dan Uni Emirat Arab,” ujarnya.

Diketahui, Iran telah memperluas hubungan perdagangan dengan Qatar setelah negara itu menghadapi sanksi dari Arab Saudi dan sekutunya. Pemerintah Turki juga telah mengadakan pembicaraan trilateral dengan Iran dan Qatar untuk memudahkan transit barang melalui wilayah Iran. (Sofyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*