Pertamina Fokuskan Kelola Petrokimia

15700
Pertamina Fokuskan Kelola Petrokimia
Foto: cnnindonesia.com

JAKARTA (INDOPETRO)-  PT Pertamina (Persero) tengah fokus mempersiapkan pengelolaan petrokimia sebagai sektor bisnis baru. Dikatakan oleh Direktur Utama Pertamina, Elia Massa Malik, pihaknya akan segera launching rencana kerja industri ini.

“Kita putuskan bisnis petrokimia salah satu road map yang akan kita launching. Itu janji saya di satu tahun masa jabatan, untuk sejarah Pertamina ke depan,” kata Elia di kantor Pertamina Pusat, Jakarta, Senin (12/3/2018).

Elia mengatakan bahwa selama ini foku utama Pertamina masih seputar bahan bakar minyak (BBM), sedangkan harga BBM sangat fluktuatif, tergantung pada harga minyak dunia. Jika masih hanya tergantung pada bisnis ini, dipastikan Pertamina akan sulit berkembang dan terus tertinggal oleh pesaing dari negara lain.

“Kita enggak punya value added product, tidak punya petrokima. Kita masih 90 persen jual BBM Malaysia dan Vietnam saja sudah siap menggarap bisnis petrokimia sejak lima tahun lalu,” katanya.

Menurutnya, petrokimia penting karena merupakan produk yang nilainya bisa stabil. Pertamina perlu melakukan banyak inovasi untuk meningkatkan kualitas produk, terutama untuk petrokimia. Selain itu, Pertamina perlu segera menuntaskan sejumlah masalah yang memicu inefisiensi.

“Kalau tiap hari kita melakukan perbaikan, untuk ambil keputusan dengan berdiskusi, buat konsep, dan eksekusi, di 2018 saya harap bisa demonstrasikan. Teman yang punya project, detailnya harus lebih baik dari tahun sebelumnya,” katanya.

Salah satu upaya pengembangan bisnis petrokimia Pertamina ditunjukkan dengan adanya joint venture dengan perusahaan asal Rusia, Resnoft, yang kemudian menjadi PT Pertamina Rosneft Pengolahan dan Petrokimia (PRPP). Anak perusahaan ini nantinya akan bersama membangun dan mengoperasikan Kilang Tuban. (Gadih)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*