Iran Gandeng Italia Kembangkan PLTS

8600
PLTS Terbesar se Jagat Dibangun Saudi
Foto : ketemulagi.com

QESHM (INDOPETRO)- Pengembangan energi bersih dan ramah lingkungan menjadi keniscayaan global seiring segera berakhirnya kejayaan era energi berbasis fosil. Faktanya, Iran dan Italia berkolaborasi mengembangkan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS). Bahkan PLTS tersebut telah diresmikan.

Menurut Mauro Conchatori, Duta Besar Italia di Iran peresmian pembangkit energi bersih tenaga surya di pulau Qeshm (selatan Iran) untuk mendukung lingkungan hidup dan prospek cerah bagi pulau ini.

“Merawat lingkungan hidup planet bumi, khususnya pulau-pulau sangat penting,” kata Mauro Conchatori, dalam acara peresmian pembangkit listrik bertenaga surya 10 megawat di pulau Qeshm, pada Minggu (11/3/2018), seperti disinyalir Islamic Republic News Agency
(IRNA), Selasa (13/3/2018).

“Italia memiliki kerjasama dekat dengan provinsi Hormozgan dan pulau Qeshm di bidang baja dan elektronik dan proyek pembangkit listrik bertenaga surya merupakan aksi simbolik dari persahabatan Italia dan Iran,” tambahnya.

Pulau Qeshm Stefano Falconio, Direktur Eksekutif Pembangkit Listrik Tenaga Surya Qeshm dalam acara peresmian ini mengatakan, proyek ini dilakukan dengan investasi 8 juta euro selama 2 tahun dan menjamin kebutuhan listrik 5 ribu keluarga.

Kota Qeshm terletak di selatan provinsi Hormozgan mencakup pulau Qeshm, Hormoz, Hengam dan Larak dengan popuasi 150 ribu orang. (Sofyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*