IPO Saudi Aramco Ditunda

8900
IPO Saudi Aramco Ditunda
Foto : saudiaramco.co

RIYADH (INDOPETRO)- Saudi Aramco, perusahaan minyak dan gas bumi (migas) milik Kerajaan Arab Saudi diperkirakan akan menunda IPO (initial public offering) atau penjualan saham perdana. Apa penyebabnya?

Hal tersebut diungkapkan oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arab Saudi Khalid al-Falih, “paling penting adalah melakukan IPO di Bursa Saham Arab Saudi (Tadawul) baru diikuti dengan IPO di bursa internasional”

“Satu hal pasti mengenai IPO Saudi Aramco adalah itu akan terjadi,” katanya. IPO Aramco, lanjutnya, yang semula dijadwalkan tahun ini mungkin ditunda menjadi tahun depan.

Dia menambahan pemerintah Arab Saudi telah menciptakan aturan fiskal dan kebijakan lainnya agar Aramco bisa melaksanakan IPO tahun ini. Namun jadwal pastinya bakal diumumkan kalau segala sesuatunya sudah tepat.

Penjualan lima persen saham Aramco diyakini banyak pihak akan menjadi IPO terbesar seduni. IPO Aramco ini diperkirakan bisa meraup dana US$ 100 miliar.

Soal IPO Aramco di bursa internasional, Falih mengakui LSE (Bursa Saham London) masuk dalam daftar pertimbangan. “London selalu menjadi tujuan menarik bagi modal dari seluruh dunia. London adalah ibu kota dunia,” ujarnya, seperti dikutip Sky News, Senin (12/3/2018).

Sumber-sumber dalam Aramco mengungkapkan eksportir minyak terbesar di dunia ini mempertimbangkan bursa saham di London, New York, Tokyo, dan Hong Kong sebagai tempat buat melaksanakan IPO. (Sofyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*