Menteri ESDM Pastikan Tarif Listrik Tidak Naik

18500
Pemerintah Kendalikan BPP agar Tarif Listrik Tidak Naik
Foto : m.tempo.co

JAKARTA (INDOPETRO)- Tarif listrik dipastikan tidak akan naik hingga pada 2019. Apa pertimbangannya?

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan menegaskan bahwa kenaikan harga batubara tidak akan mempengaruhi harga listrik. “Kita akan coba mencari solusi agar pengusaha batubara tidak rugi dan PLN juga tidak rugi,” kata Jonan, dalam satu diskusi pada Selasa (6/3/2018) di Jakarta. Karena itu, tidak ada kenaikan listrik hingga 2019.

Saat ditanyakan alasan tidak ada penaikan tarif listrik, Jonan menjawab, “Kita mempertimbangkan daya beli masyarakat agar terus tetap dan tidak turun”.

Diketahui, seiring dengan merangkaknya harga batubara yang akan turut menaikkan tarif listrik, Jonan menyatakan bahwa Peraturan Pemerintah (PP) tentang hal tersebut sudah ada di meja presiden. “Tinggal menunggu ditandatangani oleh presiden. Kita tunggu saja apakah disetujui atau tidak,” imbuh Jonan. Sebelum PP ditandatangani, pihaknya belum bisa mengatakan lebih banyak tentang harga batubara.

Sebagai catatan, KESDM telah mengumumkan Harga Batubara Acuan (HBA) periode Februari 2018. Dalam periode tersebut, HBA mengalami peningkatan sekitar 11% dibandingkan bulan sebelumnya.

Mengacu Keputusan Menteri ESDM Nomor 407 K/32/MEM/2018, harga batu bara mencapai US$ 100,69 per ton. Padahal sebulan sebelumnya, harga komoditas jenis itu hanya US$ 95,54 per ton.

HBA adalah harga yang diperoleh dari rata-rata Indonesia Coal Index (ICI), Newcastle Export Index (NEX), Globalcoal Newcastle Index (GCNC), dan Platss 5900 pada sebelumnya. Kualitasnya disetarakan pada kalori 6322 kcal per kg GAR, Total Moisture 8%, Total Sulphur 0,8% dan Ash 15%. (Sofyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*