Geothermal, Hydro, Surya dan Angin Jadi Prioritas

8100
Dirjen EBTKE Resmikan Green Chiller, Pendingin Bebasis Hidrokarbon

JAKARTA (INDOPETRO)- Komitmen menjadi penentu utama dalam pemanfaatan Energi Baru Terbarukan (EBT). Pasalnya, resources sumber daya alamnya sudah tersedia.
Demikian salah satu poin pokok pembahasan Rida Mulyana, Direktur Jenderal (Dirjen) Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE).

“Kita prioritaskan geothermal, hydro, dan biomass,” kata Rida dalam satu diskusi pada Selasa (6/3/2018) di Jakarta. Sedangkan untuk energi surya dan angin masih membutuhkan teknologinya. Kendati demikian, pemerintah tetap berkomitmen untuk tetap mengembangkan EBT dalam pembangkitan listrik.

Menurut Rida, pihaknya juga akan mensupport program elektrifikasi 100% pada 2019. Salah satunya memanfaatkan kearifan lokal. “Artinya memanfaatkan sumber daya alam yang ada,” katanya. Walaupun demikian, dukungan pemerintah daerah (Pemda), privat sektor dan stakeholder lainnya.

Dia juga mengutarakan bahwa dunia global saat ini berada dalam tahap transisi. Transisi dari energi berbasis fosil ke EBT. Disamping itu, tren dunia juga mengalami tiga hal, yaitu desentralisasi; dekarbonisasi; dan degitalisasi & IT.

Sementara itu, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan mensyaratkan perusahaan asing yang ingin berekspansi di sektor EBT di Indonesia untuk menetapkan harga energi yang terjangkau agar bisa dinikmati seluruh masyarakat Indonesia, khususnya yang berada di daerah-daerah 3T (tertinggal, terluar, dan terdepan).

“Tugas pemerintah adalah memastikan energi tetap terjangkau bagi masyarakat, namun tetap mengupayakan keuntungan yang cukup untuk investor,” ujar Jonan.

Pemerintah telah menetapkan target EBT dalam bauran energi mencapai 23 persen pada 2025. Hingga akhir 2017, capaian bauran EBT telah menyentuh 12,52 persen. “Angka ini melampaui target yaitu 11,96 persen. (Mewujudkan target bauran energi) memang tidak mudah, tapi juga tidak mustahil,” tegas Jonan. (Sofyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*