Kalahkan 300 Kompetitor, Wonderful Indonesia Jadi Brand Terbaik

26100

JAKARTA (INDOPETRO) – Brand pariwisata Wonderful Indonesia dan Pesona Indonesia (WI-PI) semakin diakui. Brand yang diusung Kemenpar itu dinobatkan sebagai Brand of The Year 2018 oleh Markplus Indonesia dalam gelaran WOW Brand Festive 2018.

Berdasarkan hasil rapat dewan juri pada 22 Februari 2018. Telah ditetapkan WI-PI sebagai Brand of The Year 2018. Seperti yang disampaikan Founder and Chairman Markplus Inc Hermawan Kartajaya di Jakarta pada Kamis (1/3/2018). Penghargaan akan diserahkan saat WOW Brand Festive Day pada Kamis (8/3/2018) di Ballroom Raffles Hotel Jakarta, Ciputra World.

Gelaran yang sudah tiga kali terselenggara itu akan mengusung tema “Brand 4.0 : From Wow to Now The Omni Way! Markplus memilih WI-PI jadi Brand Of the Year 2018 bukan tanpa alasan. Semuanya dikalibrasi dan dengan penilaian ketat. Ada 300 kompetitor brand terbaik di Indonesia. Melalui brand WI-PI, pariwisata menempati peringkat kedua sebagai penyumbang devisa.

Hermawan menambahkan, sebagai salah satu sektor unggulan Indonesia, pariwisata berhasil mendatangkan 14,04 juta wisatawan mancanegara di 2017. Kunjungan wisman tersebut merupakan suatu capaian yang acceptable. Terlebih, dipenghujung 2017 terjadi force majeur. Yaitu erupsi Gunung Agung di Bali.

Walau sempat terganggu Erupsi Gunung Agung, Kemenpar mampu menjaga brand WI-PI. Salah satunya dengan pengembangan destinasi digital di daerah. Belum lagi keberhasilan Bali menjadi Best Destination dalam TripAdvisor Traveller’s Choice Award 2017. Penghargaan ini cukup bergengsi. Karena penilaiannya berbasis pilihan wisatawan dari seluruh dunia.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menyambut baik keberhasilan WI-PI meraih Brand of The Year 2018. Menurutnya, penghargaan itu sangat penting bagi Kemenpar. Karena itu menyangkut confidence, credibility dan calibration atau yang biasa disebut 3C.

“Penghargaan akan menaikkan tingkat kepercayaan Indonesia. Penghargaan pada dasarnya merupakan sebuah legitimasi atau pengakuan. Banyak sekali orang yang menyatakan penghargaan itu meningkatkan self confidence,” kata Arief.

Menurutnya, jika dikomunikasikan dengan baik, penghargaan yang diperoleh dapat menjadi marketing yang paling efektif sebagai salah satu kekuatan. “Kami tidak perlu bersusah payah menyampaikan keunggulan yang kami miliki. Orang lainlah yang menyatakannya. Nigel Botterill – pemenang BT Entrepreneur Award menyatakan ‘It provides instant credibility! People will remember long after the award is presented’,” kata Menpar menambahkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*