Jelang Pertemuan IMF, Sri Mulyani dan Luhut Kunjungi Kawah Ijen

22600

BANYUWANGI (INDOPETRO) – Perhelatan akbar Internasional Monetary Fund – World Bank Group (IMF WBG) semakin dekat. Seluruh stakeholder pariwisata bergerak cepat.

Spirit Indonesia Incorporated menjadi komandonya. Lihat saja Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menko Maritim Luhut Binsar Panjaitan yang langsung aksi mengunjungi Kawah Ijen, Banyuwangi pada Jumat dini hari (2/3/2018).

“Jadi kami mengunjungi Banyuwangi untuk melihat kesiapan sebagai daerah penyangga pertemuan IMF Oktober besok di Bali. Baik itu infrastruktur maupun kesiapan destinasi wisatanya,” kata Luhut.

Menurut Luhut, secara garis besar pertemuan IMF merupakan momentum bagus untuk mempromosikan dan pemasaran pariwisata Indonesia. Sebanyak 15 ribu delegasi akan menghadiri pertemuan IMF di Bali. Artinya Indonesia tidak mengeluarkan biaya promosi yang besar ke berbagai negara. Tetapi kali ini tamu-tamu internasional yang datang sehingga peluang ini harus dimanfaatkan secara baik untuk memperkuat branding pariwisata Indonesia. “Apalagi potensi Banyuwangi sangat besar, Kawah Ijen salah satunya,” kata Luhut.

Tanpa basa-basi Luhut mengajak para delegasi IMF untuk datang menyaksikan pesona Kawah Ijen. “Kawah Ijen luar biasa. Pemandangannya cantik. Letaknya dekat, hanya 15 menit terbang dari Denpasar. Jadi silahkan datang dan buktikan sendiri kerennya Kawah Ijen,” kata Luhut menambahkan.

Sri Mulyani mengatakan hal yang sama. Menurutnya, pesona Kawah Ijen tak terbantahkan. “Ijen merupakan destinasi paling indah di Indonesia. Hiking selama dua jam ke atas Kawah Ijen terbayar dengan keindahannya. Silahkan datang dan menikmati keindahannya,” kata Sri Mulyani.

Kawah Gunung Ijen memang fenomenal dengan pesona Blue Fire yang menakjubkan. Munculnya api biru itu merupakan fenomena alam akibat pertemuan antara sulfur dan panasnya vulkanik yang dipadu dengan bias sinar dari warna hijau tosca danau kawah Gunung Ijen.

Selain Belerang dan Blue Fire, landscape yang ada di Gunung Ijen juga punya pesona. Lembah, hutan dan panorama pepohonan di lereng pegunungan yang diselimuti awan serta munculnya sinar matahari pagi akan memunculkan cahaya keindahan surga di Gunung Ijen.

Menteri Pariwisata Arief Yahya langsung angkat jempol untuk semangat kedua sahabatnya tersebut. Dirinya yakin dengan persiapan yang matang menjelang Annual Meeting IMF WB akan membuat nama Indonesia lebih terkenal ke seluruh dunia.

“Spiritnya Indonesia Incorporated. Ini acara besar. Untuk bisa sukses kami harus kerja bersama. Ini menjadi ajang untuk mempromosikan Bali, Bali and Beyond, dan Wonderful Indonesia secara konkret,” kata Arief.

Keyakinan yang sangat masuk akal karena di luar delegasi resmi, acara tersebut juga akan dihadiri perwakilan lembaga kerja sama ekonomi global dan regional. Lembaga masyarakat sipil, kalangan swasta dan akademisi, serta media dari seluruh penjuru dunia.

“Ini saatnya untuk lebih mempopulerkan destinasi-destinasi wisata di Indonesia kepada dunia. Terlebih lagi para delegasi dan undangan yang datang merupakan top eksekutif. Dampaknya akan berganda dan nilai ekonomi yang dihasilkan juga relatif besar,” kata Menpar mengakhiri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*