Rizal Sebut Kebijakan Pemerintah Acak-acak Kedaulatan Energi

10900

JAKARTA (INDOPETRO)- Memperkuat kedaulatan energi dan menjadi tema pokok pembahasan pertemuan antara Probowo Subianto, Ketua Umum Partai Indonesia Raya (Gerindra) dengan Rizal Ramli, ekonom senior, pada Kamis petang (1/3/2018) di Jakarta. Apalagi Indonesia saat ini tengah menghadapi gejolak ekonomi dunia, terutama kenaikan harga minyak mentah dan batubara.

Pertemuan Probowo dengan Rizal Ramli membahas perubahan geopolitik global dan dampaknya terhadap Indonesia.

“Semakin penting kita memegang teguh filosofi kebangsaan kita menyangkut kedaulatan energi dan pangan,” kata Prabowo.

Sedang Rizal Ramli menegaskan bahwa bangsa Indonesia tidak boleh lagi terus bersembunyi dibelakang slogan-slogan kemandirian dan kedaulatan. “Faktanya kebijakan kita sangat pro impor, pro petani asing dan mengacak acak kedaulatan energi,” tegas Rizal.

Pertemuan  yang berlangsung nyaris dua jam tersebut berlangsung dalam suasana kebatinan yang hangat dan penuh dengan keakraban.

Kedua tokoh nasional tersebut bersepakat untuk saling berkomunikasi agar dapat mendukung terwujudnya Indonesia menjadi lebih baik sesuai dengan cita cita para pendiri bangsa.

Sebagai catatan, mengutip CNBC, Jumat (2/3/2018), harga minyak turun setelah data pada Rabu menunjukkan kenaikan yang lebih besar dari perkiraan pada persediaan minyak mentah Amerika Serikat (AS). Produksi minyak AS mencapai rekor pada November, dan diperkirakan akan meningkat lebih lanjut. Sebuah survei Reuters menunjukkan bahwa produksi organisasi negara pengekspor minyak (OPEC) turun pada Februari.

Sedang harga batu bara di pasar global memang tengah melonjak tinggi. Harga batu bara di bursa Newcastle, Inggris untuk pengiriman Maret mencapai 104 dolar AS per ton. Sementara di bursa Rotterdam, Belanda, harga batubara untuk pengiriman Maret beada di level 82 dolar AS per ton. (Sofyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*