Tingkatkan Pelayanan, Pertamina Resmikan Gedung Baru DPPU Sam Ratulangi

11700
Tingkatkan Pelayanan, Pertamina Resmikan Gedung Baru DPPU Sam Ratulangi
Foto: tribunnews.com

MANADO (INDOPETRO)- Pertamina Marketing Operation Region (MOR) VII meresmikan gedung baru kantor Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) Sam Ratulangi. Gedung tersebut diperuntukkan untuk menambah pelayanan pengisian Avtur untuk pesawar di Sulawesi Utara.

Tercatat peningkatan penyaluran Avtur selama 2017 di Sulawesi neik 19 persen atau 433,8 ribu kilolitre (KL), dibandingkan dengan 2016. Peningkatan penyaluran Avtur ini didorong oleh kebutuhan maskapai penerbangan yang semakin memperluas jangkauan dan membuka rute penerbangan baru, khususnya di wilayah Sulawesi pada tahun 2017. Di Sulawesi Utara, total penyaluran Avtur di DPPU Sam Ratulangi mencapai 60 ribu KL, naik 13 persen dibanding 2016.

“Selama 2017 lalu, Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan telah membuka 83 rute penerbangan baru sipil komersial di Indonesia, termasuk wilayah di Sulawesi, tentunya hal ini juga mendorong peningkatan konsumsi Avtur yang dilayani Pertamina,” ujar General Manager MOR VII, Joko Pitoyo saat meresmikan Gedung baru Kantor DPPU Sam Ratulangi, Rabu (28/2/2018).

Saat ini, DPPU Sam Ratulangi melayani pengisian Avtur dengan jumlah rata-rata 45 pesawat per hari atau sebesar 170 KL per hari. Pengisian Avtur ini didukung dengan sarana fasilitas yakni 5 unit Refueler dengan kapasitas 107 KL, 11 Tanki Timbun dengan kapasitas 1.500 KL. Supply point Avtur untuk DPPU Sam Ratulangi sendiri berasal dari TBBM Bitung, yang diangkut dengan menggunakan 7 unit bridger/mobil tanki dengan total kapasitas 152 KL yang menempuh jarak 40 km.

“Peresmian kantor baru DPPU Sam Ratulangi ini bertujuan untuk lebih mengoptimalkan kinerja dan profesionalitas kami dalam melayani pelanggan dengan selalu mengedepankan aspek Health Safety Security & Environment (HSSE),” jelas Joko.

Dalam kesempatan ini, Pertamina turut memberikan bantuan Bina Lingkungan senilai Rp2,7 miliar untuk pendidikan dan sarana ibadah area Sulawesi Utara berupa sarana dan prasarana ibadah untuk mesjid, gereja serta meubeuler (meja, kursi, lemari) untuk sekolah mulai dari TK, SD, SMP dan SMA. Bantuan ini diserahkan oleh General Manager MOR VII Joko Pitoyo kepada masing-masing perwakilan penerima bantuan dengan turut disaksikan anggota Komisi VII DPR RI Bara Hasibuan dan Manajemen MOR VII. (Gadih)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*